Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA dengan Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Melalui Pembuatan Poster Menggunakan Canva

Mutika, Mutika and Siburian, Jodion and Aina, Mia (2025) Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA dengan Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Melalui Pembuatan Poster Menggunakan Canva. syntax literate, xx (x). ISSN 2541-0849

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (292kB)
Official URL: https://www.jurnalsyntaxliterate.co.id/

Abstract

Keterampilan dan pengetahuan yang seimbang adalah kunci keberhasilan pembelajaran di abad ke-21. Berpikir kreatif merupakan bagian terpenting dalam meningkatkan life skills diera industri 4.0. Permasalahan yang terjadi adalah siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan soal pada ranah kognitif C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi) dan C6 (mencipta). Hal ini disebabkan karena rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa. Oleh sebab itu, diperlukan juga pemilihan model pembelajaran yang tepat dan efektif untuk dapat mengembangkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif adalah model Project Based Learning (PjBL). Model PjBL merupakan suatu model pembelajaran yang inovatif dengan beberapa strategi penting untuk sukses di abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kreatif siswa dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) melalui pembuatan poster menggunakan canva. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Muaro Jambi pada Oktober 2023. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif. Data yang diperoleh dengan cara menyebarkan angket, melakukan pretest dan posttest serta wawancara dengan guru bidang studi biologi. Setelah angket dan pretest posttest diisi, data dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Project Based Learning melalui pembuatan poster menggunakan canva terlaksana sesuai dengan sintaks. Hasil tes berpikir kreatif siswa dengan empat indakator yaitu: fluency (79,15%), flexibility (78%), originality (67,35%), dan elaboration (71,95%) termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran Project Based Learning melalui pembuatan poster menggunakan canva dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa Kata kunci : creative thinking skill, Project Based Learning, poster menggunakan canva

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mutika
Date Deposited: 24 Apr 2025 08:32
Last Modified: 24 Apr 2025 08:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77688

Actions (login required)

View Item View Item