Chamimah, Nur (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING LEARNING KOMPETENSI BILANGAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (118kB) |
Abstract
Chamimah, Nur. 2019. Meningkatkan Kemampuan Berhitung Peserta Didik Menggunakan Model Problem Solving Learning Kompetensi Bilangan Di Kelas V Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dr. Yantoro, M.Pd. (II) Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Berhitung, Model Problem Solving Learning (PSL). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung peserta didik khususnya pada kompetensi bilangan di kelas V sekolah dasar. Peserta didik masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam menyelesaikan soal yang diberikan, peserta didik tidak teliti dan pemahaman peserta didik mengenai materi masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik menggunakan model problem solving learning kompetensi bilangan di kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang membahas tentang bagaimana penerapan model problem solving learning dalam meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik kompetensi bilangan di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dan tes. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VB yang berjumlah 22 orang, yang terdiri dari 13 perempuan dan 9 laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berhitung peserta didik pada proses pembelajaran matematika kompetesi bilangan menggunakan model problem solving learning di kelas V sekolah dasar. Hal ini ditunjukkan dengan data pada kondisi awal kemampuan berhitung peserta didik persentase ketuntasan klasikalnya adalah 45,50% dan hasil tesnya 46,96%. Kemudian mengalami peningkatan persentase klasikal kemampuan berhitung pada siklus I menjadi 65,15% dan hasil tesnya sebesar 74,04%. Persentase pada siklus II adalah 85,45% dan hasil tes kemampuan berhitungnya 87,14%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model problem solving learning dapat meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik kompetensi bilangan di kelas V sekolah dasar. Saran dalam penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik, guru hendaknya lebih kreatif dan inovatif, memahami karakteristik peserta didik, dan memperhatikan sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NUR CHAMIMAH |
Date Deposited: | 15 Apr 2019 06:44 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 06:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7787 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |