PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW)UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATISDALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Wulandari, Dina (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW)UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATISDALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (201kB)
[img] Text
HALAMAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (91kB)

Abstract

Wulandari, Dina. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Geometri Kelas IV Sekolah Dasar: Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Yantoro, M. Pd., (II) Muhammad Sofwan, S.Pd., M. Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW), Komunikasi Matematis, Geometri Penelitian ini didasarkan pada proses pembelajaran di kelas IV B SD Negeri 34/I Teratai, di mana peserta didik lebih cenderung menerima informasi-informasi pembelajaran yang berasal dari guru sehingga membuat pembelajaran menjadi berpusat pada guru. Selain itu, peserta didik juga kurang termotivasi untuk bertanya mengenai materi matematika yang dipelajarinya sehingga guru sulit membedakan antara peserta didik yang telah mengerti dan yang belum mengerti terhadap materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada pembelajaran geometri kelas IV Sekolah Dasar. Kemampuan komunikasi matematis yang diteliti didasarkan pada indikator menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram ke dalam ide matematik; menjelaskan ide, situasi, dan relasi matematika secara lisan dan tulisan dengan benda nyata, gambar, grafik, dan aljabar; mendengarkan, berdiskusi, dan menulis tentang matematika; serta menjelaskan dan membuat pertanyaan tentang matematika yang telah dipelajari. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari II siklus, dan pada setiap siklus dilakukan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dan dokumentasi. Adapun subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV B SD Negeri 34/I Teratai yang berjumlah 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas IV B SD Negeri 34/I Teratai. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi siklus I diperoleh persentase sebesar 61% yang berada pada kriteria kurang dan siklus II diperoleh persentase 79% yang berada pada kriteria baik. Pada siklus II telah mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan oleh peneliti. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik melalui II siklus dengan kriteria baik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DINA WULANDARI
Date Deposited: 15 Apr 2019 06:43
Last Modified: 15 Apr 2019 06:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7791

Actions (login required)

View Item View Item