DESAIN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK DALAM IMPLEMENTASI P5 TEMA KEARIFAN LOKAL KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Sabrina, Hidayatul Sani (2025) DESAIN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK DALAM IMPLEMENTASI P5 TEMA KEARIFAN LOKAL KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (110kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN & HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-modul berbasis flipbook pada P5 tema kearifan lokal kelas IV dengan materi batik jumputan ikat celup dan untuk mengetahui tingkat kelayakan perancangan desain e-modul berbasis flipbook dalam implementasi P5 tema keraifan lokal kelas IV di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan pendekatan gabungan kualitatif dan kuantitatif (mix method). Penelitian berupa desain e-modul berbasis Flipbook dalam implementasi P5 tema kearifan lokal kelas IV di sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate). Subjek uji coba pada produk adalah guru dan peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SDN 138/IV Kota Jambi Kecamatan Jelutung Jambi. Data Penelitian diperoleh dari validasi materi, validasi media dan validasi bahasa. Selain itu, data juga diperoleh dari angket respon guru dan respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengembangan ini mencakup data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh produk berupa e-modul P5 tema kearifan lokal dengan materi batik jumputan ikat celup berbasis flipbook. Adapun hasil skor rata-rata yang diperoleh dari validasi akhir ahli materi sebesar 4,81 dengan kategori sangat valid, ahli Bahasa dengan memperoleh skor rata-rata sebesar 4, 90 dengan kategori sangat valid, ahli media dengan memperoleh skor rata-rata sebesar 4,53 dengan kategori valid. Hasil skor rata-rata penilaian guru sebesar 4, dengan kategori . Hasil respon peserta didik kelas IV SDN 138/IV Kota Jambi yakni sebesar 4, dikategorikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis flipbook dalam implementasi P5 tema kearifan lokal kelas IV di sekolaj dasar secara keseluruhan layak serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: HIDAYATUL SANI SABRINA
Date Deposited: 07 May 2025 01:33
Last Modified: 07 May 2025 01:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78073

Actions (login required)

View Item View Item