Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Dengan Menggunakan Media Game Edukasi Berbasis Wordwall Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Kota Jambi

Marbun, Rachel Laureen Maria (2025) Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Dengan Menggunakan Media Game Edukasi Berbasis Wordwall Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (43kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Skripsi Full Rachel Laureen Maria Marbun.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Hasil observasi di kelas X Kuliner 4 SMK Negeri 4 Kota Jambi menunjukkan bahwa motivasi belajar Sejarah masih rendah akibat media pembelajaran yang monoton, seperti penggunaan PowerPoint. Untuk mengatasi hal ini, penelitian ini menerapkan media game edukasi berbasis Wordwall guna menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini melibatkan 34 siswa dan bertujuan untuk menganalisis peningkatan motivasi belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan yang signifikan, di mana motivasi belajar siswa yang awalnya sebesar 68% dan 73% pada siklus I meningkat menjadi 76% dan 82% pada siklus II kemudian terakhir menjadi 85% dan 90% pada siklus III, membuktikan efektivitas Wordwall dalam meningkatkan antusiasme belajar siswa. The results of observations in class X Culinary 4 SMK Negeri 4 Jambi City showed that motivation to learn History was still low due to monotonous learning media, such as the use of PowerPoint. To overcome this, this study implemented educational game media based on Wordwall to create a more interactive and enjoyable learning experience. This Classroom Action Research (CAR) involved 34 students and aimed to analyze the increase in learning motivation. The results of this study showed a significant increase, where students' learning motivation which was initially 68% and 73% in cycle I increased to 76% and 82% in cycle II then finally to 85% and 90% in cycle III, proving the effectiveness of Wordwall in increasing students' enthusiasm for learning.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sejarah, Game Edukasi, Wordwall, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: MARBUN
Date Deposited: 08 May 2025 03:46
Last Modified: 08 May 2025 03:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78141

Actions (login required)

View Item View Item