Pratama, Rizki (2025) Identifikasi Kedisiplinan Siswa Dalam Menaati Tata Tertib Sekolah SMP Negeri 1 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK (2).pdf Download (6kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI RIZKI FIX 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (803kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
CamScanner 21-04-2025 14.05.pdf Download (1MB) |
Abstract
Setiap sekolah memiliki tata tertib yang harus di taati oleh siswa, namun kerap kali siswa melanggar kedisiplinan tata tertib tersebut seperti sering tidak sekolah, terlambat datang ke sekolah, bolos sekolah, bolos jam pelajaran, melawan guru, dan juga tidak mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru pada waktunya. Hal tersebut juga terjadi dilingkungan sekolah SMP Negeri 1 Muaro Jambi, dimana masih banyak ditemui siswa yang kurang disiplin dalam menaati tata tertib yang ada di sekolah. Penelitan ini dilakukan di SMP Negeri 1 Muaro Jambi kelas VIII dan IX. Kedisiplinan siswa pada penelitian ini ditinjau dari aspek kedisiplinan siswa yaitu disiplin masuk sekolah, disiplin dalam mengerjakan pelajaran di sekolah, disiplin dalam mengerjakan tugas, disiplin belajar di rumah dan disiplin dalam menaati tata tertib di sekolah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian kelas VIII dan IX sebesar 308, adapun penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel 40 siswa. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket yang berisi 35 item pernyataan. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan teknik analisis persentase formula D untuk analisis identifikasi faktorial. Sebagian besar siswa memiliki tingkat kesiplinan rendah dalam menaati tata tertib sekolah di SMPN 1 Muato Jambi. Aspek disiplin dalam menaati tata tertib di sekolah dengan nilai sebesar 13,6% berada pada tingkat rendah. Aspek selanjutnya adalah disiplin masuk sekolah sebesar 16,7% berada pada tingkat rendah. Aspek disiplin dalam mengerjakan tugas sebesar 17,4% berada pada tingkat rendah. Aspek disiplin dalam mengikuti pelajaran di sekolah dengan nilai sebesar 19,6% berada pada tingkat rendah. Dan terakhir aspek disiplin belajar masuk sekolah memiliki persentase rendah sebesar 32,6%.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin,Tata Tertib |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Pratama |
Date Deposited: | 20 May 2025 07:08 |
Last Modified: | 20 May 2025 07:08 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78443 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |