Hambatan Guru dalam Pemanfaatan Platfrom Merdeka Mengajar di SDN 187/I Teratai

Oktaviana, Wini (2025) Hambatan Guru dalam Pemanfaatan Platfrom Merdeka Mengajar di SDN 187/I Teratai. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (37kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (47kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (102kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI WINI FINISH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
PERSETUJUAN PENGESAHAN.pdf

Download (167kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan hambatan yang dihadapi oleh guru dalam pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) di SDN 187/I Teratai. Dengan adanya kurikulum merdeka yang diperkenalkan, penting untuk memahami tantangan yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan teknologi pendidikan ini. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pihak sekolah dan pemerintah dalam merumuskan strategi yang lebih efektif untuk mendukung guru dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap guru kelas I hingga VI serta kepala sekolah. Peneliti melakukan analisis data dengan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Partisipan penelitian terdiri dari guru�guru yang terlibat langsung dalam penggunaan PMM, sehingga data yang diperoleh dapat memberikan gambaran yang komprehensif mengenai hambatan yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa hambatan signifikan yang dihadapi oleh guru, termasuk keterbatasan kompetensi teknologi, kurangnya pemahaman terhadap fitur-fitur PMM, dan kendala waktu dalam pelaksanaan administrasi pendidikan. Selain itu, motivasi dan penerimaan guru terhadap penggunaan PMM juga menjadi faktor penting yang mempengaruhi efektivitas pemanfaatan platform ini. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SDN 187/I Teratai, diperlukan upaya kolaboratif antara guru, kepala sekolah, dan pihak terkait lainnya untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hambatan guru, kurikulum merdeka, platfrom merdeka mengajar, SDN 187/I Teratai
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: OKTAVIANA
Date Deposited: 26 May 2025 02:18
Last Modified: 26 May 2025 02:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78627

Actions (login required)

View Item View Item