RUTH OKTAVIANI, NITYA (2019) DAMPAK IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
![]() |
Text
cover.pdf Download (28kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (12kB) |
Abstract
ABSTRAK Oktaviani, Nitya Ruth, 2019. Dampak Implementasi Full Day School Dalam Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Ilmu pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Yantoro, M.Pd., (II) Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd. Latar belakang dalam penelitian ini adalah penerapan full day school dan dampak yang terjadi setelah diterapkannya sistem full day school dalam pelaksanaan pembelajaran yang selama ini terdapat beberapa macam dampak yang ditimbulkan yang telah diterapkan disebuah lembaga pendidikan seperti sekolah dasar. Pada dasarnya full day school di Sekolah Dasar Negeri 47/IV Kota Jambi ini telah berdampak pada pelaksanaan pembelajaran baik dari dampak positif seperti meningkatnya prestasi belajar peserta didik serta dampak negatif yang terlihat dalam peserta didik yang mengalami kelelahan. Rumusan masalah yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana dampak implementasi full day school dalam pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak implementasi full day school dalam pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekataan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara dengan sumber data primer yaitu kepala sekolah, guru, dan peserta didik yang merasakan dampak dari implementasi full day school. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan full day school di Sekolah Dasar Negeri 47/IV Kota Jambi menimbulkan beberapa macam dampak dalam pelaksanaan pembelajaran baik dari segi positif dan negatifnya. Dampak positifnya diantaranya seperti (1) prestasi peserta didik yang meningkat, (2) peserta didik dapat mengembangkan bakat ataupun kreatifitasnya di lingkungan sekolah. Adapun dampak negatif diantaranya adalah sebagai berikut (1) sekolah full day school dapat mempengaruhi semangat peserta didik, (2) peserta diddik mengalami kelelahan dikarenakan waktu yang panjang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi full day school dalam pelaksanaan pembelajaran menimbulkan beberapa kendala yaitu menimbulkan dampak positif salah satunya seperti meningkatnya prestasi peserta didik dan dari segi negatif yaitu peserta didik mengalami kelelahan karena waktu yang lama. Kata kunci: dampak implementasi full day school, pelaksanaan pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NITYA RUTH OKTAVIANI |
Date Deposited: | 24 Apr 2019 01:02 |
Last Modified: | 24 Apr 2019 01:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7894 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |