Ayni, Anjelli Quratul (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Materi Struktur Atom Berbasis Stem Berbantuan Articulate Storyline 3 Di Sma. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf Download (286kB) |
Abstract
Kebutuhan abad 21 yang semakin popular mendorong perubahan besar dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Perkembangan ini menyebabkan pergeseran paradigma pembelajaran. Hal ini ditandai dengan adanya perubahan pada kurikulum, media pembelajaran, dan teknologi. Penilaian dalam pembelajaran abad 21 disusun dan dikembangkan untuk mengukur pencapaian belajar dan penggunaan teknologi yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran materi struktur atom berbasis STEM berbantuan articulate storyline 3 di SMA. Penelitian ini juga mengevaluasi kelayakan media, penilaian guru, serta tingkat kemampuan dan respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Proses pengembangan produk dalam penelitian ini mengikuti model pengembangan Lee and Owens yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara, dan angket. Hasil pengembangan produk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Setelah itu media dinilai oleh guru serta diujicobakan pada uji coba satu-satu (one to one) dan uji coba kelompok kecil (small group). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (skor penilaian). Hasil dari penelitian ini bahwa media pembelajaran materi struktur atom berbasis STEM berbantuan articulate storyline 3 sudah layak secara konseptual dan prosedural dengan mendapatkan hasil kelayakan ahli materi sebesar 4,67 (sangat layak), ahli media sebesar 4,56 (sangat layak), penilaian guru sebesar 4,61 (sangat layak), uji one to one memperoleh persentase 89,74%, dan respon peserta didik memperoleh persentase 89,69%, dengan kategori sangat baik. Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran materi struktur atom berbasis STEM berbantuan articulate storyline 3 sudah memenuhi tahapan pngembangan sampai uji kelompok kecil dengan hasil sangat baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Depositing User: | Ayni |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 03:46 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 03:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78982 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |