Habiba, Habiba and Harizon, Harizon and Romundza, Febbry (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Sites Terintegrasi Artificial Intelligence (AI) Berorientasi Kemampuan Literasi Digital pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMA/MA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Skripsi habiba Revisi2.pdf Restricted to Repository staff only until 4 Juni 2025. Download (2MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Restricted to Repository staff only until 4 Juni 2025. Download (190kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Restricted to Repository staff only until 4 Juni 2025. Download (183kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Repository staff only until 4 Juni 2025. Download (405kB) |
![]() |
Text
BAB I (4).pdf Restricted to Repository staff only until 4 Juni 2025. Download (307kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only until 4 Juni 2025. Download (662kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only until 4 Juni 2025. Download (404kB) |
Abstract
Media interaktif merupakan alat perantara atau penghubung berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang terdiri dari hardware dan software yang memungkinkan adanya interaksi dua arah antara peserta didik dan materi, atau antara peserta didik dan pengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan secara konseptual dan prosedural, penilaian guru dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif berbasis google sites terintegrasi AI berorientasi kemampuan literasi digital pada materi hidrolisis garam yang dikembangkan. Pengembangan produk media pembelajaran interaktif dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Lee & Owens yang terdiri dari lima tahapan yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara dan angket. Hasil pengembangan produk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Setelah itu media dinilai oleh guru serta diuji cobakan secara perorangan dan kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis google sites terintegrasi artificial intelligence (AI) layak secara konseptual dan prosedural berdasarkan hasil validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 88,50% (Sangat Layak), validasi ahli media dengan persentase 89,30% (Sangat Layak), penilaian guru dengan persentase 90,6% (Sangat Layak), uji coba satu-satu dengan persentase 88,66% (Sangat Baik) dan dari respon peserta didik memperoleh persentase 89,3% (Sangat Baik). Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis google sites terintegrasi artificial intelligence (AI) berorientasi kemampuan literasi digital pada materi hidrolisis garam sudah memenuhi semua tahapan pengembangan sampai uji coba kelompok kecil/small group dengan hasil sangat baik. Penelitian berikutnya dapat dilanjutkan untuk uji coba lapangan (Field Trial).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Interaktif, Google Sites, Artificial Intelligence, Literasi Digital, Hidrolisis Garam |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Habiba |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 07:25 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 07:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79107 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |