Sinaga, Yohanna Esteria (2025) Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Pengukuran Di Kelas X SMAN Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (892kB) |
Abstract
Berdasrkan latar belakang pada penelitian ini diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran fisika masih tergolong rendah di kelas X SMAN 2 Kota Jambi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal, diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep, mengidentifikasi variabel, serta menerapkan prinsip fisika dalam penyelesaian masalah. Kurangnya motivasi belajar, minimnya kegiatan praktikum, serta metode pembelajaran konvensional menjadi faktor penyebab utama. Oleh karena itu, upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi pengukuran di kelas X SMAN 2 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis Mc Taggart yang dilakukan dalam tiga siklus, dengan tahapan: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X E2 SMAN 2 Kota Jambi, dengan jumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observaasi aktivitas guru dan siswa, serta tes terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalahan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Peningkatan terlihat dari hasil tes yang mengalami peningkatan pada setiap siklus. Siklus I, presentase kentuntasan siswa dari 13,38% pada siklus I, menjadi 55,55% pada siklus II, dan 75% pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pengukuran kelas X SMAN 2 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem-based learning, pemecahan masalah, pengukuran, fisika, penelitian tindakan kelas. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Sinaga |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 02:04 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 02:04 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79120 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |