Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA N 12 Kota Jambi

Firmansyah, Alief (2025) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA N 12 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (206kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (219kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (354kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya peran guru yang kompeten serta tersedianya fasilitas belajar yang memadai dalam meningkatkan semangat dan keinginan siswa untuk belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMAN 12 Kota Jambi, dengan sampel sebanyak 158 responden yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru berpengaruh motivasi belajar siswa dengan nilai Sig. 0.00 < 0.05 dan t hitung 5.769 > t tabel 1.975, fasilitas belajar juga berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai Sig. 0.00 < 0.05 serta t hitung 7.005 > t tabel 1.975. Secara simultan, kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai Sig. 0.00 < 0.05 dan nilai F hitung 73.011 > F tabel 3.06. Besarnya kontribusi kedua variabel independen terhadap motivasi belajar siswa ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,485 atau 48,5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peningkatan kompetensi pedagogik guru dan penyediaan fasilitas belajar yang memadai dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: ALIEF FIRMANSYAH
Date Deposited: 05 Jun 2025 06:44
Last Modified: 05 Jun 2025 06:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79306

Actions (login required)

View Item View Item