PENGEMBANGAN e-MODUL BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN GAMIFIKASI PADA MATERI ASAM DAN BASA

Akbar, Muhammad rezadi PENGEMBANGAN e-MODUL BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN GAMIFIKASI PADA MATERI ASAM DAN BASA. PENGEMBANGAN e-MODUL BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN GAMIFIKASI PADA MATERI ASAM DAN BASA.

[img] Text
MUHAMMAD REZADI AKBAR_ AFTER SIDANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (225kB)
[img] Text
Lembar persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (262kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB I 2.pdf

Download (284kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (217kB)

Abstract

Akbar., Muhammad Rezadi. 2025. “Pengembangan e-Modul Berorientasi Problem Based Learning (PBL) dan gamifikasi pada Materi Asam Basa”. Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Afrida, S.Si., M.Si (II) Aulia Sanova, S.T., M.Pd Kata Kunci : Kimia, e-Modul, Problem Based Learning, Gamifikasi, Asam Basa Konsep merdeka belajar yang diusung kurikulum merdeka memiliki relevansi dengan pembelajaran abad 21 yang lebih mengembangkan kebutuhan siswa. Kegiatan berpusat pada kebutuhan siswa menekankan bagaimana siswa dapat berpikir kritis, mampu berkomunikasi dan berkolaborasi serta memiliki kreativitas sebagai bekal menghadapi tantangan masa depan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya integrasi antara mata pelajaran dengan jenjang pendidikan. Begitu pula dengan aspek afektif, kognitif serta psikomotorik. Salah satu mata pelajaran sains dalam kurikulum merdeka adalah mata pelajaran kimia. Kimia mencakup konsep- konsep teori serta unsur-unsur matematika. Sebelum memulai pembelajaran kimia, siswa seringkali sudah memiliki prasangka negatif bahwa materi kimia itu sulit meskipun belum sepenuhnya memahaminya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media dan mengetahui kelayakan secara prosedural dan konseptuan terhadap media e- Modul Berorientasi Problem Based Learning (PBL) dan gamifikasi pada Materi Asam Basa yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrument penilaian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif komentar dan saran dan analisi data kuantitatif (rata-rata jawaban dan persentase). Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa e-Modul materi asam basa berorientasi PBL dan gamifikasi mendapat hasil kelayakan ahli materi dan ahli media dengan kategori “Layak tanpa revisi”, penilaian guru mendapatkan kategori “Layak untuk digunakan tanpa revisi”, serta mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa dengan persentase respon siswa sebesar 88,4%. Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e- Modul Berorientasi Problem Based Learning (PBL) dan gamifikasi pada Materi Asam Basa layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran kimia.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: AKBAR
Date Deposited: 19 Jun 2025 03:13
Last Modified: 19 Jun 2025 03:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80055

Actions (login required)

View Item View Item