ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI PINJAMAN ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

Hayadi, Maisyan Imtyaz Fadya (2025) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI PINJAMAN ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (400kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Aplikasi pinjaman online telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, terutama di negara dengan tingkat penetrasi internet yang tinggi. Pinjaman online yang merupakan salah satu layanan dari fintech telah menjadi salah satu alternatif peminjaman dana dengan cepat, istilah tersebut biasanya disebut dengan peer to peer (P2P) lending. Penelitian ini menggunakan metode EUCS untuk melakukan evaluasi kepuasan pengguna menggunakan pinjaman online yang terjadi pada mahasiswa Universitas Jambi. Metode EUCS dipilih karena dapat memberikan penilaian yang fokus pada kepuasan pengguna akhir dengan menggunakan lima dimensi utama (Content, Accuracy, Format, Ease of Use, dan Timeliness), sehingga memungkinkan penelitian untuk mengidentifikasi aspek-aspek spesifik dari aplikasi pinjaman online yang berpengaruh terhadap pengalaman pengguna secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengguna aplikasi pinjaman online berada dalam kategori tinggi. Variabel Content, Accuracy, Format, dan Ease of Use terbukti berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, sedangkan variabel Timeliness tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi pinjaman online telah mampu memenuhi sebagian besar ekspektasi penggunanya, terutama dalam hal kelengkapan informasi, keakuratan data, tampilan yang baik, serta kemudahan penggunaan. Selain itu, secara simultan, semua variabel yang diuji yaitu Content, Accuracy, Format, Ease of Use, dan Timeliness secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi pinjaman online. Online loan applications have grown rapidly in recent years, especially in countries with high internet penetration rates. Online loans, which are one of the fintech services, have become an alternative for borrowing funds quickly, the term is usually referred to as peer to peer (P2P) lending. This study uses the EUCS method to evaluate user satisfaction using online loans that occur among students at Jambi University. The EUCS method was chosen because it can provide an assessment that focuses on end-user satisfaction using five main dimensions (Content, Accuracy, Format, Ease of Use, and Timeliness), thus allowing the study to identify specific aspects of online loan applications that affect the overall user experience. The results of the study showed that the level of user satisfaction of online loan applications was in the high category. The variables Content, Accuracy, Format, and Ease of Use were shown to have a significant effect on user satisfaction, while the Timeliness variable did not show a significant effect. This shows that online loan applications have been able to meet most of their users' expectations, especially in terms of completeness of information, data accuracy, good appearance, and ease of use. In addition, simultaneously, all tested variables, namely Content, Accuracy, Format, Ease of Use, and Timeliness, together have a significant effect on user satisfaction of online loan applications.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pinjaman online, Mahasiswa dan Metode EUCS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: HAYADI
Date Deposited: 24 Jun 2025 04:09
Last Modified: 24 Jun 2025 04:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80188

Actions (login required)

View Item View Item