Az Zahra, Salsavira and Sabil, Husni and Junita, Ranisa (2025) Pengembangan E-Modul Berbantuan Augmented Reality Berdasarkan Cognitive Load Theory Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. S1 thesis, Pendidikan Matematika.
![]() |
Text
SKRIPSI FIX SALSAVIRA AZ ZAHRA.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (454kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (391kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (555kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (576kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (496kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (366kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (555kB) |
Abstract
Az Zahra, Salsavira. 2025 Pengembangan E-modul Berbantuan Augmented Reality Berdasarkan Cognitive Load Theory Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Husni Sabil, M.Pd., (II) Ranisa Junita, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : E-Modul, Augmented Reality, Cognitive load theory, Kemampuan Spasial, Bangun Ruang Sisi Datar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan spasial siswa di SMP Negeri 10 Kota Jambi, yang disebabkan oleh keterbatasan bahan ajar yang mendukung pembelajaran berbasis visualisasi spasial serta tingginya beban kognitif siswa dalam memahami konsep bangun ruang. Oleh karena itu, dikembangkan e-modul berbantuan Augmented Reality berdasarkan Cognitive Load Theory untuk mengurangi beban kognitif dalam proses pembelajaran dan meningkatkan keterlibatan siswa. Penelitian ini merupakan pengembangan dengan model ADDIE, meliputi tahap Analysis, Design, Development,Implementation, dan Evaluation. Data dikumpulkan secara kualitatif dan kuantitatif melalui validasi ahli, angket kepraktisan guru dan siswa, angket respons, tes kemampuan spasial (pretest dan posttest), angket terbuka berbasis Cognitive Load Theory, serta observasi pembelajaran. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 10 Kota Jambi pada kelas IX C selama 27 Februari–27 Maret 2025. Subjek penelitian mencakup dosen sebagai validator, guru, sembilan siswa pada uji coba kelompok kecil, dan 23 siswa dalam uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbantuan Augmented Reality berdasarkan Cognitive Load Theory memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Validitas diperoleh dari penilaian ahli materi sebesar 80% (cukup valid) dan ahli desain sebesar 92,5% (sangat valid). Kepraktisan dinyatakan sangat praktis oleh guru (87,6%) dan siswa (88%). Efektivitas e-modul ditunjukkan melalui hasil NGain sebesar 0,72 (cukup efektif), di mana 13 siswa mengalami peningkatan tinggi dan 10 siswa peningkatan sedang. Respons siswa terhadap e-modul mencapai 87,4% (sangat efektif), dan observasi pembelajaran mnggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share menunjukan keterlaksanaan yang sangat baik dengan rata-rata 86,6%. Penerapan prinsip-prinsip Cognitive Load Theory pada emodul juga terbukti membantu siswa memahami materi dengan lebih mudah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SALSAVIRA AZ ZAHRA |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 07:48 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 07:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80436 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |