EVALUASI USER EXPERIENCE WEBSITE E-MENTAL POLRI MENGGUNAKAN METODE COGNITIVE WALKTHROUGH

Kurniani, Putri (2025) EVALUASI USER EXPERIENCE WEBSITE E-MENTAL POLRI MENGGUNAKAN METODE COGNITIVE WALKTHROUGH. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstark.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (222kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (476kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (475kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL_PUTRI KURNIANI_F1E121053.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (102kB)
Official URL: ttps://repository.unja.ac.id

Abstract

Website E-Mental POLRI merupakan inovasi penting untuk mendukung kesehatan psikologis anggota, namun efektivitasnya sangat bergantung pada kemudahan penggunaannya. Pengalaman pengguna (UX) yang buruk dapat menjadi penghalang bagi anggota untuk mengakses layanan ini, sehingga tujuan utama dari platform tersebut tidak tercapai. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi User experience pada website E-Mental POLRI, terutama dari sudut pandang pengguna baru. Penelitian ini menggunakan metode Enhanced Cognitive Walkthrough (ECW), sebuah varian dari Cognitive Walkthrough yang memungkinkan analisis mendalam. Proses evaluasi dimulai dengan meminta responden untuk mengerjakan serangkaian tugas berbasis skenario yang telah disiapkan oleh peneliti. Selama proses tersebut, peneliti bertindak sebagai evaluator yang mengamati dan menganalisis setiap langkah pengguna menggunakan pertanyaan analisis fungsi dan operasi untuk mengidentifikasi masalah usability secara sistematis. Responden dalam penelitian ini berjumlah 5 orang, yang merupakan anggota aktif POLRI di Polda Jambi yang baru lulus, berusia 17-40 tahun, dan belum pernah mengakses website E-Mental sebelumnya. Kriteria ini dipilih untuk memastikan evaluasi fokus pada aspek kemudahan belajar (learnability) bagi pengguna pertama kali. Hasil analisis menggunakan matriks Enhanced Cognitive Walkthrough menunjukkan tingkat permasalahan yang bervariasi. Ditemukan rata-rata 2,0 masalah ringan pada tugas-tugas penting (TI=2) dan rata-rata 1,6 masalah sedang pada tugas paling krusial (TI=1), yang menandakan adanya hambatan konsisten dalam alur kerja pengguna. Untuk perolehan tingkat masalah per tugas, ditemukan bahwa Tugas 2 (Verifikasi dua langkah), Tugas 3 (Melihat Profil), Tugas 4 (Memulai Tes), dan Tugas 6 (Logout) secara konsisten menjadi lokasi masalah yang paling sering dihadapi oleh seluruh responden, sehingga belum efisien digunakan dibandingkan tugas lainnya. Analisis tipe masalah menunjukkan kesulitan utama pengguna berasal dari empat kategori: Hidden (fungsi tersembunyi), Text & Icon (tampilan membingungkan), Feedback (kurangnya umpan balik sistem), dan User (kebingungan pengguna pada alur kerja). Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini menghasilkan rekomendasi perbaikan antarmuka dalam bentuk mockup desain yang bertujuan untuk meningkatkan kemudahan penggunaan dan efektivitas website E-Mental POLRI bagi penggunanya.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Usability Evaluation, User Experience, E-Mental, Cognitive Walkthrough.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: KURNIANI
Date Deposited: 01 Jul 2025 06:45
Last Modified: 01 Jul 2025 06:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80830

Actions (login required)

View Item View Item