Oktaviani, Yesi (2025) Tindak Tutur Direktif Guru dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMPN 10 Bayung Lencir. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
FIKS FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Oktaviani, Yesi. 2025. Tindak Tutur Direktif Guru dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMPN 10 Bayung Lencir: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Irma Suryani, M.Pd. (II) Deri Rachmad Pratama, M.Pd. Kata Kunci: Tindak tutur direktif, bahasa Indonesia Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis tindak tutur direktif yang digunakan guru dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMPN 10 Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan pragmatik Data dalam penelitian ini berupa tindak tutur direktif yang diucapkan oleh guru selama kegiatan pembelajaran. Sumber data yaitu kalimat-kalimat yang mengandung tindak tutur direktif yang diucapkan oleh guru bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC). Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 18 tuturan permintaan, 39 tuturan pertanyaan, 25 tuturan perintah, 11 tuturan larangan, 7 tuturan pemberian izin, dan 11 tuturan nasihat yang digunakan guru dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMPN 10 Bayung Lencir. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat enam jenis tindak tutur direktif yaitu tindak tutur direktif permintaan, pertanyaan, perintah, larangan, pemberian izin, dan nasihat dengan jumlah seluruh tuturan direktif yang digunakan guru sebanyak 111 tuturan dan yang paling dominan digunakan yaitu tuturan pertanyaan dan perintah. Tuturan direktif yang digunakan guru paling banyak digunakan agar siswa memberikan jawaban atau respon aktif dari pertanyaan guru, dan beberapa tuturan digunakan agar siswa melakukan suatu tindakan tertentu selama proses pembelajaran berlangsung.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Yesi Oktaviani |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 04:33 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 04:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80959 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |