Nopriansyah, Ahmad (2025) EVALUASI PROGRAM PELATIHAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH ISLAM TERPADU NURUL ILMI KOTA JAMBI DENGAN MODEL KIRKPATRICK. S2 thesis, Uinersitas Jambi.
![]() |
Text
gabungan REVISI TESIS setelah SIDANG.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
cover tesis.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
hal.persetujuan.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text
hal.pengesahan.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (145kB) |
Abstract
Nopriansyah, Ahmad. 2025. Evaluasi Program Pelatihan Kompetensi Guru sekolah Islam Terpadu Nurul Ilmi Kota Jambi dengan Model Kirkpatrick. Universitas Jambi, Magister Manajemen Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dra. Muazza, M.Si., (II) Dr. Dra. Hj. Aprillitzavivayarti, M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelatihan peningkatan kompetensi pedagogik guru di Sekolah Islam Terpadu (SIT) Nurul Ilmi Jambi. Meski pelatihan sudah dilakukan, dampaknya terhadap perubahan mengajar guru belum terlihat merata. Oleh karena itu, evaluasi secara menyeluruh diperlukan. Penelitian menggunakan model evaluasi Kirkpatrick yang mencakup empat level: reaksi, pembelajaran, perilaku, dan hasil. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi kelas, dan analisis dokumen (seperti RPP dan nilai siswa). Penelitian dilakukan di SMP dan SMA SIT Nurul Ilmi 1 dan 2, Kota Jambi. Hasilnya menunjukkan bahwa: 1. Level reaksi: Guru merasa puas dengan suasana dan materi pelatihan, namun menganggap waktunya terlalu singkat. 2. Level pembelajaran: Pengetahuan guru meningkat, tetapi masih ada yang bingung membedakan diferensiasi dengan remedial. 3. Level perilaku: Beberapa guru mulai menerapkan diferensiasi dalam mengajar, tapi belum konsisten.4. Level hasil: Siswa terlihat lebih aktif, meskipun peningkatan hasil belajar belum merata. Rekomendasi dari penelitian ini mencakup pentingnya evaluasi rutin, pendampingan setelah pelatihan, durasi pelatihan yang lebih panjang, penggunaan teknologi, serta penguatan kebijakan pengembangan guru di sekolah. Kata kunci: evaluasi, pelatihan guru, kompetensi pedagogik, Kirkpatrick, sekolah Islam terpadu.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | AHMAD NOPRIANSYAH |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 03:42 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 03:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81749 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |