PENGARUH BERMAIN LEGO TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TKIT AL - MUTHMAINNAH KOTA JAMBI

Yenda Estalia, Putri PENGARUH BERMAIN LEGO TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TKIT AL - MUTHMAINNAH KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH BERMAIN LEGO TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TKIT AL - MUTHMAINNAH KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (15kB)
[img]
Preview
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg

Download (113kB) | Preview
[img] Text
DI.pdf

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (5kB)

Abstract

ABSTRAK Putri Yenda Estalia. 2019. “Pengaruh Bermain Lego Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di TKIT AL- Muthmainnah Kota Jambi”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Nyimas Muazzomi, S.Ag, M.Pd.I , Pembimbing 2 Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si Kata Kunci: Bermain Lego, Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Berdasarkan pengamatan di TK Al-Muthmainnah Kota Jambi dikelas A2 masih terlihat kemampuan motorik halus anak belum optimal dimana terlihat dari 20 anak terdapat 10 anak yang masih mengalami kesulitan ketika ketika guru mencoba menstimulasi perkembangan motorik halus dengan melakukan kegiatan motorik halus anak masih terihat kaku dan susah dalam menggunakan jarinya untuk menggenggam pensil sehingga proses pembelajaran terlihat kurang optimal. terlihat ketika melakukan kegiatan motorik halus seperti menjiplak bentuk anak masih banyak dibantu oleh guru atau temanya yang sudah mahir.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bermain lego terhadap perkembangan motorik halus anak usia 4-5 Tahun di TKIT AL- Muthmainnah Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan Nonequivalent Control Group Design. sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 40 siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperolehnilai Lhitung < Ltabel untuk kedua kelas sampel. Yaitu untuk data pree test kelompok control di dapat L hitung 0.0751 yang < L tabel 01981 sedangkan untuk data post test kelompok control didapat L hitung sebesar 0,0735 yang< L tabel 0,1981. Maka dapat disimpulkan bahwa berdistribusi normal, dalam melakukan uji homogenitas variansi adalah uji F. Dengan n1 = 20, n2 = 20, S12 pree test kelompok eksperimen= 615.19 dan S22 post test kelompok eksperimen = 316.34. S12 hasil pree test kelompok control = 202.45 dan S22 post test kelompok control = 428.67 dari semua hasil data diperoleh Fhitung kelompok eksperimen = 1,68. Kelompok control diperoleh Fhitung = 0.24. Selanjutnya dengan dk pembilang (V1) = 20 dan dk penyebut (V2) = 20 diperoleh Fhitung secara keseluruhan sebesar 0.24 dengan Ftabel = 3,49. Untuk uji hipotesis dilihat bahwa thitung > ttabel yaitu 5.2620 > 1,6860 . T tabel didapat dari n1+n2 -2 = 38 yang dalam distribusi T tabel didapat nilai 1,6860 Data tersebut menunjukan pengaruh yang signifikan bermain lego terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini 4-5 tahun di TK IT Al- Mutmainah Kota Jambi Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bermain lego terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini 4-5 tahun di TK IT Al- Mutmainah Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PUTRI YENDA ESTALIA
Date Deposited: 09 Jul 2019 03:11
Last Modified: 09 Jul 2019 03:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8199

Actions (login required)

View Item View Item