Evaluasi User Experience Terhadap Aplikasi Gopay Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) Dan System Usability Scale (SUS)

Putri, Cindiana (2025) Evaluasi User Experience Terhadap Aplikasi Gopay Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) Dan System Usability Scale (SUS). S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (105kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI CINDIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan .pdf

Download (290kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Aplikasi GoPay adalah dompet digital serba bisa yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran pada seluruh layanan Gojek serta ratusan merchant, dan memudahkan pengguna dalam mengirim atau menerima uang. GoPay dirancang untuk memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai transaksi keuangan seperti membayar tagihan, membeli produk dan layanan online, mengirim uang, dan lainya dengan menggunakan smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengalaman pengguna terhadap aplikasi GoPay menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dan System Usability Scale (SUS). Metode UEQ digunakan untuk menilai respons pengguna saat berinteraksi dengan suatu sistem, guna untuk mengekspresikan emosi, kesan, dan sikap, serta memberikan gambaran penilaian terhadap enam variabel yaitu Attractiveness, Efficiency, Perspicuity, Dependability, Stimulation, dan Novelty. Metode SUS digunakan untuk mengukur kegunaan suatu sistem atau aplikasi berdasarkan pandangan pengguna terhadapnya. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dan pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada para responden yang merupakan pengguna aplikasi GoPay. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling, dan diperoleh sebanyak 180 responden. Data dianalisis menggunakan Microsoft Excel dengan UEQ Data Analysis Tools dan rumus yang telah ditetapkan pada System Usability Scale (SUS). Berdasarkan data yang telah dianalisis dengan metode UEQ dan SUS, dapat disimpulkan bahwa pengalaman pengguna terhadap aplikasi GoPay menurut skala UEQ bersifat positif, dan aplikasi layak digunakan. Penelitian ini juga mendapatkan hasil SUS yang mengatakan bahwa aplikasi dapat diterima dan fitur dalam aplikasi berjalan dengan semestinya. Namun, Net Promoter Skor (NPS) responden dalam penelitian ini diketahui bersifat passive yang artinya pengguna akan dianggap pasif karena merasa puas terhadap aplikasi GoPay namun belum sepenuhnya loyal sehingga tidak berkenan merekomendasikan ke orang lain dan berpotensi pindah ke aplikasi lain. Juga hanya menggunakan aplikasi saat pengguna merasa ada keperluan dan kepentingan. Respon Passive bisa timbul dari berbagai faktor, seperti kurangnya fitur yang menonjol, masalah kegunaan yang kecil, atau preferensi terhadap alternatif yang lebih sesuai dengan selera atau kebutuhan individu. Temuan ini dapat menjadi bahan evaluasi dan pengembangan lebih lanjut bagi pihak pengelola GoPay dalam meningkatkan kualitas layanan aplikasi. The GoPay app is a versatile digital wallet that can be used to make payments for all Gojek services and hundreds of merchants, and makes it easy for users to send or receive money. GoPay is designed to enable users to carry out various financial transactions such as paying bills, purchasing products and services online, sending money, and more using their smartphones. This study aims to evaluate users' experiences with the GoPay app using the User Experience Questionnaire (UEQ) and the System Usability Scale (SUS). The UEQ method is used to assess user responses when interacting with a system, to express emotions, impressions, and attitudes, and to provide an assessment of six variables: Attractiveness, Efficiency, Perspicuity, Dependability, Stimulation, and Novelty. The SUS method is used to measure the usability of a system or application based on users' perceptions of it. The research was conducted quantitatively, and data collection was carried out by distributing questionnaires to respondents who were GoPay app users. The sample was determined using purposive sampling, and 180 respondents were obtained. The data was analyzed using Microsoft Excel with UEQ Data Analysis Tools and formulas established in the System Usability Scale (SUS). Based on the data analyzed using the UEQ and SUS methods, it can be concluded that the user experience with the GoPay application according to the UEQ scale is positive, and the application is suitable for use. This study also obtained SUS results indicating that the application is acceptable and its features function properly. However, the Net Promoter Score (NPS) of respondents in this study was found to be passive, meaning users are considered passive because they are satisfied with the GoPay application but not yet fully loyal, so they are unwilling to recommend it to others and may switch to another application. They only use the application when they feel there is a need or interest. Passive responses can arise from various factors, such as a lack of prominent features, minor usability issues, or preferences for alternatives that better suit individual tastes or needs. These findings can serve as material for evaluation and further development for GoPay administrators in improving the quality of the app's services.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman Pengguna, E-Wallet, User Experience Questionnaire, System Usability Scale
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: PUTRI
Date Deposited: 09 Jul 2025 06:38
Last Modified: 09 Jul 2025 06:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82530

Actions (login required)

View Item View Item