Marsela, Marsela (2025) Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi di SD Negeri 131/IV Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (442kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (535kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (331kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (574kB) |
Abstract
Marsela (2025). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing Skripsi: (I) Dr. Friscilla Wulan Tersta, M.Pd. (II) Ferdiaz Saudagar, M.Pd. Kata Kunci: Kebijakan Pendidikan Inklusi, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Implementasi, Sekolah Dasar, SDN 131/IV Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kebijakan pendidikan inklusi di Sekolah Dasar Negeri 131/IV Kota Jambi serta mengidentifikasi tantangan dan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan partisipan utama terdiri dari kepala sekolah, guru kelas, guru pendamping khusus, dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Negeri 131/IV Kota Jambi telah mengimplementasikan kebijakan pendidikan inklusi dengan cukup baik, yang ditunjukkan melalui adanya kebijakan sekolah yang mendukung pendidikan inklusif, pelatihan guru, pengadaan guru pendamping khusus, serta adaptasi materi ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa ABK. Namun, pelaksanaan kebijakan ini masih menghadapi beberapa kendala seperti keterbatasan sarana dan prasarana, jumlah guru pendamping yang belum merata di setiap kelas, serta perlunya peningkatan pemahaman masyarakat terhadap pentingnya inklusi. Dukungan dari orang tua dan partisipasi aktif dalam kegiatan sekolah juga v menjadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan pendidikan inklusi di sekolah ini. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa keberhasilan implementasi kebijakan pendidikan inklusi memerlukan kolaborasi yang erat antara sekolah, pemerintah, orang tua, dan masyarakat. Diperlukan perbaikan berkelanjutan, baik dari segi infrastruktur, sumber daya manusia, maupun kesadaran kolektif untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, adil, dan merata bagi semua siswa tanpa terkecuali.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kebijakan Pendidikan Inklusi, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Implementasi, Sekolah Dasar, SDN 131/IV Kota Jambi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | MARSELA |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:48 |
Last Modified: | 02 Aug 2025 05:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82537 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |