Lorensa, Dena (2025) Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Budaya Pno Adat Pada Upacara Pernikahan Masyarakat Desa Seleman Kabupaten Kerinci. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK DENA.pdf Download (711kB) |
![]() |
Text
BAB I DENA.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
BAB V DENA.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
COVER DENA.pdf Download (78kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA DENA.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI DENA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan DENA2.pdf Download (665kB) |
Abstract
ABSTRAK Lorensa,Dena.2025.Nilai-nilai Pendidikan dalam Budaya Pno Adat pada Upacara Pernikahan Masyarakat Desa Seleman Kabupaten Kerinci (1) Drs. Budi Purnomo, M.Hum., M.Pd, (II) Anny Wahyuni,S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Nilai-nilai Pendidikan, Budaya Pno Adat, Pernikahan. Penelitian ini mengkaji tentang Nilai-nilai pendidikan dalam budaya pno adat pada upacara pernikahan masyarakat Desa Seleman Kabupaten Kerinci. Penelitian ini dikaji karna mulai kurangnya pengetahuan generasi muda tentang budaya pno adat pada upacara pernikahan masyarakat Desa Seleman.Mulai menurunnya cerminan nilai-nilai pendidikan generasi muda saat ini dalam bentuk sikap hormat, tutur kata, sopan dan adab, serta keterampilan dalam mempelajari budaya pno adat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penyelengaraan budaya pno adat pada upacara pernikahan dan nilai- nilai pendidikan yang terkandung dalam teks pno adat di Desa Seleman Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, adapun teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Proses penyelenggaraan budaya pno adat pada upacara pernikahan masyarakat Desa Seleman Kabupaten Kerinci dilaksanakan sebanyak tiga tahap yaitu tahap pendahuluan yang dibuka oleh teganai mewakili dari tuan rumah untuk menyambut para tamu undangan (serapek) yang hadir pada acara pno adat, tahap pelaksanaan yaitu disampaikan juga oleh teganai dalam menyampaikan hajat dan maksud dari tuan rumah mengundang seluruh pemangku adat serta memberikan hidangan berbagai makanan, minuman, dan hiasan adat memenuhi rumah, dan kegiatan penutup yang disampaikan oleh teganai dalam mengucapkan terima kasih serta meminta diterima pasangan pengantin oleh orang adat. Hasil penelitian ini adalah tahap pelaksanaan budaya pno adat upacara pernikahan terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pendahuluan, tahap pelaksanaan, dan tahap penutup. Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam teks pno adat pada upacara pernikahan masyarakat Desa Seleman Kabupaten Kerinci memiliki nilai pengetahuan yaitu pasangan pengentin mendapatkan arahan dan bimbingan dari pemangku adat, nilai sikap dimana dalam upacara adat terdapat unsur sikap saling menghormati, sikap saling menghargai dan menyayangi, dan sikap saling hormat secara adat, dan nilai keterampilan terdapat pada kemampuan dan kelincahan dari teganai dan pemangku adat dalam melakukan dialog dan memimpin masyarakat. Relevansi nilai pengetahuan pada buaya pno adat upacara pernikahan dengan pembelajaran sejarah adalah memperkaya materi pembelajaran, meningkatkan pemahaman budaya, menumbuhkan nasionalisme dan cinta tanah air, membangun karakter positif, dan meningkatkan keterlibatan siswa. ABSTRACT Lorensa, Dena. 2025. Educational Values in Pno Cultural Customs in Wedding Ceremonies of the Community of Seleman Village, Kerinci District. (1) Drs. Budi Purnomo, M.Hum., M.Pd, (II) Anny Wahyuni, S.Pd., M.Pd. Keywords: Educational Values, Pno Cultural Customs, Weddings. This research examines the educational values in pno cultural customs during wedding ceremonies of the community in Seleman Village, Kerinci District. This research is necessary due to the diminishing knowledge among the younger generation about the pno cultural customs in wedding ceremonies of the community in Seleman Village. There has been a decline in reflecting the educational values of today's youth in the form of respect, speech, courtesy, and manners, as well as skills in studying pno cultural customs. The purpose of this research is to understand the process of organizing pno cultural customs during wedding ceremonies and the educational values contained in the pno cultural texts in Seleman Village, Kerinci District. This type of research uses a qualitative approach, employing data collection techniques through observation, interviews, and documentation, while the data analysis techniques include data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The validity test of the data uses triangulation technique. The process of cultural event pno adat during the wedding ceremony of the people of Seleman Village, Kerinci Regency, is carried out in three stages: the introductory stage, which is opened by the teganai representing the host to welcome the invited guests (serapek) who attend the pno adat event; the execution stage, which is also presented by the teganai to convey the intention and purpose of the host inviting all customary stakeholders, as well as providing a variety of foods, drinks, and traditional decorations filling the house; and the closing activity, which is delivered by the teganai to express gratitude and ask for the acceptance of the bride and groom by the customary elders. The results of this research indicate that the implementation stage of the pno adat culture in wedding ceremonies consists of three stages: the preliminary stage, the implementation stage, and the closing stage. The educational values contained in the pno adat text at the wedding ceremony of the people of Seleman Village, Kerinci Regency include knowledge values where wedding couples receive guidance and direction from traditional leaders; attitude values where there are elements of mutual respect, appreciation, and affection in traditional ceremonies, as well as customary respect; and skill values found in the ability and agility of the teganai and traditional leaders in dialoguing and leading the community. The relevance of knowledge values in the buaya pno adat wedding ceremony with history learning is to enrich learning materials, enhance cultural understanding, foster nationalism and love for the homeland, build positive character, and increase student involvement.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai Pendidikan, Budaya Pno Adat, Pernikahan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | LORENSA |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 06:53 |
Last Modified: | 02 Aug 2025 13:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82852 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |