Trio Mahendra, Yozan (2025) Analisis Penerapan Model Pembelajaran GBL Dalam Menumbuhkan Kreativitas Siswa Inklusi Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV B SD N 131/IV Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (806kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_Yozan Trio Mahendra_A1D121097.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (198kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yaitu Bagaimana penerapan model pembelajaran Game Based Learning (GBL) dalam menumbuhkan kreativitas belajar siswa inklusi pada mata Pelajaran matematika oleh guru, Bagaimana kreativitas siswa inklusi pada mata Pelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran Game Based Learning (GBL) di kelas IV B SD N 131/IV Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SDN 131/IV Kota Jambi pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan dan menganalisis penerapan model pembelajaran GBL dalam menumbuhkan kreativitas siswa inklusi pada mata Pelajaran matematika di kelas IV B SD N 131/IV Kota Jambi. Data yang diperoleh dianalisis dari mulai proses hingga pelaksanaan kegiatan penerapan model Game Based Learning (GBL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya menumbuhkan dan mengembangkan kreativitas siswa inklusi kelas IV B melalui penerapan model Game Based Learning (GBL) berkembang positif sesuai indikator utama, yaitu rasa ingin tahu, kelancaran, keluwesan, dan keaslian pada pembelajaran matematika. Melalui kegiatan ini, siswa inklusi juga belajar untuk menghadapi tantangan, mengambil inisiatif yang mengasah kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian perlunya penerapan model pembelajaran yang aktif dan partisipatif untuk menumbuhkan potensi bagi siswa inklusi. Potensi-potensi ini menjadi indikator penting yang memungkinkan siswa inklusi menumbuhkan kreativitas yang diperlukan untuk menghadapi tantangan di masa depan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreativitas, pembelajaran berbasis game, siswa inklusi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | YOZAN TRIO MAHENDRA |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 01:57 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 01:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83448 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |