PENGARUH PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X IPS DI SMA N 8 KOTA JAMBI

MARANATA NAINGGOLAN, JEIN (2019) PENGARUH PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X IPS DI SMA N 8 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X IPS DI SMA N 8 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (192kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Jein Maranata Nainggolan. 2019. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Game Tournament) dan tipe group investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IPS Di SMA Negeri 8 Kota Jambi Tahun Ajaran 2018/2019”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dra. Hj. May Maemunah, M. E, Pembimbing II Dr. Rosmiati, S. Pd., M. Pd Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Game Tournament), Tipe Group Investigation (GI), Hasil Belajar Berdasarkan observasi di kelas X SMA Negeri 8 Kota Jambi diketahui bahwa siswa kelas X hasil belajar mata pelajaran Ekonomi masih belum optimal. Rendahnya hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai ulangan harian siswa kelas X mata pelajaran ekonomi pada tahun ajaran 2018/2019. Nilai rata-rata belum mencapai batas kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 70. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Game Tournament) dan tipe group investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IPS Di SMA Negeri 8 Kota Jambi Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk dalam penelitian True Experimental Design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random sampeling, yaitu mengambil sampel berdasarkan pertimbangan peneliti dan guru kelas SMA Negeri 8 Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian, dari hasil uji homogenitas bahwa Fhitung < Ftabel, yaitu 0,83 < 3,32 maka dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II memiliki variansi yang homogen, bahwa thitung > ttabel yaitu 7.49302 > 1,6676 . T tabel didapat dari n1+n2 -2 = 68 yang dalam distribusi T tabel didapat nilai 1,6676 Data tersebut menunjukan pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dan tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar pada pembelajaran ekonomi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 8 Kota Jambi Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dan tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar pada pembelajaran ekonomi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 8 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: JEIN MARANATA NAINGGOLAN
Date Deposited: 15 Jul 2019 01:23
Last Modified: 06 Jan 2022 06:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8354

Actions (login required)

View Item View Item