Nur Aisya, Hania (2025) Pengaruh Servant Leadership dalam Meningkatkan Kinerja Pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jambi: Peran Employee Engagement Sebagai mediasi. S1 thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis : Manajemen.
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (527kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (513kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (794kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (866kB) |
![]() |
Text
BAB 6.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (345kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (618kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (28MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (28MB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (618kB) |
![]() |
Text
Full Skripsi.pdf Download (52MB) |
Abstract
Servant leadership merupakan gaya kepemimpinan yang mengutamakan pelayanan kepada bawahan dan berorientasi pada pengembangan pegawai, yang diyakini mampu meningkatkan keterlibatan serta kinerja pegawai dalam organisasi pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh servant leadership terhadap kinerja pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jambi, dengan employee engagement sebagai variabel mediasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Responden pada penelitian ini adalah seluruh pegawai Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jambi pada bagian pelayanan paspor sebanyak 40 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa servant leadership secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap employee engagement namun berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja pelayanan. Selain itu, employee engagement juga berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pelayanan, serta mampu memediasi hubungan antara servant leadership dan kinerja pelayanan. Temuan ini mengindikasikan bahwa implementasi gaya servant leadership dapat meningkatkan keterlibatan pegawai yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan publik. Kata kunci: Servant Leadership, Kinerja Pelayanan, Employee Engagement,
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | AISYA |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:34 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 03:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83827 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |