Ezekiel Rajendra, Deo (2025) Analisis Kelayakan Usaha Docking Kapal di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Kuala Tungkal. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstark.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
full skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan.pdf Download (830kB) |
Abstract
Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Kuala Tungkal merupakan salah satu Pelabuhan Perikanan yang ada di Provinsi Jambi dengan luas +- 3,9 Ha. PPP Kuala Tungkal terletak di tepi Sungai Pengabuan, Kuala Tungkal, Desa Tungkal 1, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat. PPP Kuala Tungkal dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang telah disediakan salah satunya yaitu ialah fasilitas pengedokan perbaikan kapal dengan sistem angkat atau docking slipway. Docking slipway adalah fasilitas penting yang dapat memberikan banyak manfaat bagi pelaku usaha perikanan di Kuala Tungkal, dengan meningkatkan efisiensi operasional, keselamatan, kualitas hasil tangkapan, dan kontribusi terhadap ekonomi lokal, fasilitas ini akan berperan penting dalam pengembangan sektor perikanan dikawasan tersebut . Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi Tingkat kelayakan usaha docking ini berdasarkan perhitungan analisis kelayakan. Untuk menganalisa kelayakan usaha dalam penelitian ini digunakan rumus NPV, IRR, Payback Period, Benefit Cost Rasio. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dalam konteks ini penelitian dilakukan melalui survey dan pengamatan langsung dilapangan yang di bantu dengan kuisioner untuk pengumpulan data. Penelitian ini mengumpulkan data meliputi data unit pengoperasian, investasi, biaya tetap, biaya operasional (variabel cost) serta mengambil data sekunder meliputi hasil produksi dalam waktu 5 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Npv 83.996.710 nilai Bcr 1,17 nilai Irr sebesar 12,32% dari suku bunga perusahaan sebesar 8,68% dan Payback period atau pengembalian modal mulai keliatan pada tahun ke tujuh tentu saja ini bisa disebut lama dalam pengembalian modal, namun usaha docking ini dapat disimpulkan layak dan menguntungkan dan bisa dilanjutkan pada periode yang akan datang dengan hasil analisis kelayakan tersebut. Analisis senstivitas menggunakan dua skenario yang mana skenario pertama diasumsikan produksi menurun 20% dan biaya tetap dan skenario kedua diasumsikan biaya naik 15% dan produksi tetap, tentu nya berdasarkan perhitungan tersebut di skenario pertama mengalami kerugian dan skenario kedua perusahaan masih mengalami keuntungan. The Kuala Tungkal Coastal Fisheries Port (PPP) is one of the fishing ports in Jambi Province, covering an area of approximately 3.9 hectares. The Kuala Tungkal PPP is located on the banks of the Pengabuan River, Kuala Tungkal, Tungkal 1 Village, Tungkal Ilir District, West Tanjung Jabung Regency. The Kuala Tungkal PPP is equipped with various facilities, including a ship repair docking facility with a lifting system, or slipway docking. The slipway docking is a crucial facility that provides numerous benefits to fisheries businesses in Kuala Tungkal, improving operational efficiency, safety, catch quality, and contributing to the local economy. This facility will play a vital role in the development of the fisheries sector in the region. This study aims to determine the feasibility of this docking business based on feasibility analysis calculations. To analyze the feasibility of this business, the research uses the formulas NPV, IRR, Payback Period, and Benefit-Cost Ratio. This study uses a descriptive method, in this context, the research was conducted through surveys and direct field observations, assisted by questionnaires for data collection. This study collected data including operating units, investment, fixed costs, operational costs (variable costs), and secondary data including production results over a five-year period. The results of this study indicate that the NPV value is 83,996,710, the BCR value is 1.17, the IRR value is 12.32%, and the company's interest rate is 8.68%. The payback period, or return on investment, begins to be visible in the seventh year. This can certainly be considered a long time for the return on investment. However, this docking business can be concluded as feasible and profitable, and can be continued in the future The feasibility analysis will be presented. The sensitivity analysis uses two scenarios. The first scenario assumes a 20% decrease in production and fixed costs, and the second scenario assumes a 15% increase in costs and fixed production. Based on these calculations, the first scenario results in a loss, while the second scenario still generates a profit.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Peternakan > Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan |
Depositing User: | DEO EZEKIEL RAJENDRA |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 02:15 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 02:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84183 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |