Juwita, Rani (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Construct 3 Untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (125kB) |
Abstract
Juwita, Rani. 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasi Construct 3 Untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Muaro Jambi. Program Studi Pendidikan Sejarah PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Drs. Budi Purnomo, M.Hum., M.Pd. (2) Yoan Mareta, M.Pd. Kata Kunci : Media pembelajaran game edukasi, construct, minat belajar Sejarah siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik dalam pembelajaran Sejarah dengan hasil penyebaran angket awal observasi ditemukan sebanyak 58% dengan kategori minat belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran game edukasi berbasis construct 3 dan untuk mengetahui keefektivitas media pembelajaran game edukasi berbasis construct 3 untuk meningkatkan minat belajar Sejarah siswa kelas X SMA Negeri 15 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan (Research & Development) yang menggunakan Model ADDIE dengan tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek uji coba dalam penelitian ini dengan melakukan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Teknik analisis data menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian : 1) Mengatasi permasalahan disekolah berupa rendahnya minat belajar menggunakan produk berupa media pembelajaran game edukasi berbasis construct 3. 2) Efektivitas penggunaan produk media pembelajaran game edukasi berbasis construct 3 untuk meningkatkan minat belajar Sejarah. Terdapat beberapa hasil diantaranya melalui hasil validasi ahli materi dengan skor persentase 98% (Sangat Layak) dan validasi ahli media dengan skor 90% (Sangat Layak). Menunjukkan media pembelajaran game edukasi layak digunakan dan diuji cobakan kepada peserta didik. Setelah itu hasil yang diperoleh dalam melihat respon siswa ialah dengan rata-rata persentase 88% (Sangat Layak) melalui hasil ini media pembelajaran game edukasi dikategorikan sangat layak. Hasil perhitungan data menggunakan SPSS V26. Dalam penelitian ini juga menunjukkan bahwa perolehan taraf signikansi > 0,05 pada uji kesetaraan serta uji efektivitas Sig 2-tailed<0,025. Artinya media ini efektif digunakan serta dapat meningkatkan minat belajar Sejarah siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran game edukasi, construct, minat belajar Sejarah siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | JUWITA |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 01:35 |
Last Modified: | 02 Aug 2025 12:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84672 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |