Pengaruh Permainan Game Baby Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk IT Al-Azhar Kota Jambi

Kartika, Wafa (2025) Pengaruh Permainan Game Baby Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk IT Al-Azhar Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK WAFA FIX.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB 1 WAFA FIX.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB 5 WAFA FIX.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA WAFA FIX.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Halaman pengesahan wafa.pdf

Download (882kB)
[img] Text
SKRIPSI WAFA KARTIKA REVISI FIXS BENAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER WAFA.pdf

Download (49kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan game baby puzzle terhadap perkembangan kognitif anak usia 5–6 tahun di TK IT Al-Azhar Kota Jambi. Permainan baby puzzle merupakan media digital edukatif yang menggabungkan unsur bermain dan belajar dengan cara menyusun potongan gambar berdasarkan bentuk, warna, dan ukuran. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain pretest-posttest kelompok tunggal. Sampel dalam penelitian ini adalah 11 anak kelompok B TK IT Al-Azhar yang dipilih secara purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi menggunakan rubrik penilaian perkembangan kognitif berdasarkan Permendikbud No. 137 Tahun 2014. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor perkembangan kognitif anak setelah diberikan treatment berupa permainan baby puzzle selama enam kali pertemuan. Uji statistik dengan uji-t menunjukkan hasil yang signifikan, yang berarti permainan baby puzzle berpengaruh secara positif terhadap perkembangan kognitif anak. Dengan demikian, media permainan digital seperti baby puzzle dapat dijadikan alternatif pembelajaran yang menyenangkan dan bermanfaat dalam mengembangkan kemampuan berpikir anak usia dini. Kata kunci : Game baby puzzle, perkembangan kognitif This study aims to determine the effect of the baby puzzle game on the cognitive development of children aged 5–6 years at TK IT Al-Azhar Kota Jambi. The baby puzzle game is an educational digital media that integrates play and learning by assembling image pieces based on shape, color, and size. The research method used is a quasi-experimental design with a one-group pretest-posttest approach. The sample consisted of 11 children in Group B of TK IT Al-Azhar, selected purposively. Data collection was carried out through observation using a cognitive development assessment rubric based on Permendikbud Regulation No. 137 of 2014. The research results showed an increase in children’s cognitive development scores after six sessions of baby puzzle treatment. Statistical analysis using the t-test indicated significant results, implying that the baby puzzle game positively influences children's cognitive development. Therefore, digital educational games like baby puzzle can serve as an enjoyable and effective alternative for enhancing early childhood cognitive skills. Keywords : Game Baby Puzzle, Cognitive development.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Game baby puzzle, perkembangan kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: WAFA KARTIKA
Date Deposited: 20 Aug 2025 04:14
Last Modified: 20 Aug 2025 04:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85491

Actions (login required)

View Item View Item