PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT KELAS VII SMP

Septyhandayani, Yoshi PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT KELAS VII SMP. Universitas Jambi. (Unpublished)

[img] Text
COVER.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (295kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (309kB)
[img] Text
daftar isi, gambar, tabel, lampiran.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengembangan handout matematika berbasis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan pendekatan Saintifik pada materi Bangun Datar Segiempat di kelas VII SMP, dan untuk mengetahui keefektifan penggunaan handout matematika berbasis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan pendekatan Saintifik pada materi Bangun Datar Segiempat di kelas VII SMP. Penelitian ini dilakukan di SMPN 21 Batanghari pada tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran (mix methode) yang merupakan gabungan dari metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subjek penelitian ini adalah tim ahli materi dan ahli media yang akan melalukan validasi terhadap produk yang di buat, kemudian subjek uji cobanya dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII di SMPN 21 Batanghari. Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket respons siswa, angket validasi media, angket validasi materi, soal tes hasil belajar siswa, lembar observasi dan media itu sendiri. Hasil penelitian ini yaitu Handout Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) menggunakan Pendekatan Saintifik pada Materi Bangun Datar Segiempat Kelas VII SMP. Produk tersebut divalidasi oleh oleh ahli media dan ahli materi, kemudian direvisi berdasarkan saran yang telah diberikan kemudian produk dinyatakan layak untuk digunakan. Dari hasil pengisian angket respons siswa pada uji coba produk diperoleh persentase 84,7% (sangat praktis). Dengan kata lain handout yang dikembangkan mendapat respons positif dari siswa dan dari hasil tes hasil belajar siswa diperoleh 80,65% siswa tuntas melebihi KKM, sementara itu hasil observasi aktivitas siswa rata-rata 88,75% (sangat baik), sehingga multimedia pembelajaran yang di kembangkan juga dikategorikan efektif dalam penggunaannya. Jadi Handout Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) menggunakan Pendekatan Saintifik pada Materi Bangun Datar Segiempat Kelas VII SMP yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: YOSHI SEPTYHANDAYANI
Date Deposited: 18 Jul 2019 01:16
Last Modified: 18 Jul 2019 01:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8550

Actions (login required)

View Item View Item