Pengaruh Kegiatan Ecoprint Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri 24 Suka Makmur Kecamatan Sungai Bahar

Lestari, Sri (2027) Pengaruh Kegiatan Ecoprint Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri 24 Suka Makmur Kecamatan Sungai Bahar. S1 thesis, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (951kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FINALY SKRIPSI TARI 2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Lestari Sri 2025. Pengaruh Kegiatan Ecoprint Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri 24 Suka Makmur Kecamatan Sungai Bahar : Skripsi, Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Uswatul Hasni, M.Pd. (II) Dra Kasmiati,M.Pd. Kata Kunci : Kegiatan Ecoprint, Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Perkembangan motorik halus salah satu aspek perkembangan yang sangat penting bagi anak. Perkembangan motoric halus sangat berguna dengan kemampuan yang berintegrasi antara kinestetik, koordinasi mata,tangan dengan aktivitas sehari-hari. Salah satu yang dapat mempengaruhi perkembangan motorik halus anak adalah dengan cara melakukan kegiatan ecoprint kepada anak dengan baik untuk meningkatkan perkembangan mororik halus anak secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 24 Suka Makmur Kecamatan Sungai Bahar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain yang digunakan yaitu pra eksperimen desain dengan bentuk one grup pretest dan posttest desain. Populasi pada penelitian ini berjumlah 23 anak di TK Negeri 24 Suka Makmur Kecamatan Sungai Bahar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling kemudian instrument yang digunakan berupa lembar observasi dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t hitung adalah sebesar 42,864 t hitung > t table 2,074 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa variable X berpengaruh terhadap variable Y. Dengan intepretasi kuat dengan nilai 5,99yang berada rentang > 1,00 dengan intepretasi kuat ( strong effect ). Maka dari itu kegiatan ecoprint dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan motoric halus anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 24 Suka Makmur Kecamatan Sungai Bahar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Lestari
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:16
Last Modified: 24 Sep 2025 02:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85857

Actions (login required)

View Item View Item