Andana, Divina (2025) ANALISIS INTERAKSI SOSIAL SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI VYGOTSKY PADA MATERI BILANGAN RASIONAL DI KELAS VII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
|
Text
Abstrak.pdf Download (99kB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (320kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (104kB) |
|
|
Text
Cover.pdf Download (16kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (322kB) |
|
|
Text
Full Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
|
Text
Halaman Pengesahann.pdf Download (1MB) |
Abstract
Andana, Divina. 2025. Analisis Interaksi Sosial Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Berdasarkan Teori Vygotsky Pada Materi Bilangan Rasional Di Kelas VII SMP. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Roseli Theis, M.S., (II) Dra. Dewi Iriani, M.Pd. Kata Kunci: Interaksi Sosial, Pembelajaran Matematika, Teori Vygotsky, Bilangan Rasional Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) interaksi sosial antara guru dan siswa dalam pembelajaran matematika, (2) interaksi sosial antar siswa dalam pembelajaran matematika, dan (3) strategi guru dalam menyesuaikan tingkat kesulitan soal dengan kemampuan siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Kota Jambi pada bulan Mei 2025. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dengan penelitian kualitatif, yang menekankan pada keadaan yang sebenarnya dan berusaha mengungkapkan fenomena-fenomena yang ada dalam keadaan tersebut. Data dikupulkan melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan uji kredibilitas melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antara guru dan siswa berada pada kategori sangat baik (skor rata-rata 4,43). Guru berperan aktif sebagai More Knowledgeable Other (MKO) dengan memberikan penjelasan, pertanyaan pemantik, dan bantuan berupa scaffolding sesuai prinsip Zona Perkembangan Proksimal (ZPD). Interaksi antar siswa juga berada pada kategori sangat baik (skor rata-rata 4,04), ditandai dengan adanya diskusi kelompok, saling membantu, serta berbagi strategi penyelesaian soal, meskipun belum semua siswa berpartisipasi secara merata. Strategi guru dalam menyesuaikan soal dengan kemampuan siswa berada pada kategori sangat baik skor (rata-rata 4,03). Guru telah memberikan soal dengan tingkat kesulitan bertahap. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran belum sepenuhnya berbasis ZPD masing-masing siswa, sehingga perlu ditingkatkan diferensiasi dalam pemberian tugas atau soal latihan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa interaksi sosial dalam pembelajaran matematika kelas VII F SMP Negeri 7 Kota Jambi telah sesuai dengan teori Vygotsky, di mana bantuan guru dan kerja sama antar siswa berperan penting dalam meningkatkan pemahaman konsep bilangan rasional. Penelitian ini menegaskan bahwa pembelajaran berbasis interaksi sosial dapat membantu siswa bergerak dari kemampuan aktual menuju potensi optimalnya. Andana, Divina. 2025. Analysis of Student Social Interaction in the Mathematics Learning Process Based on Vygotsky's Theory in Rational Numbers Material in Grade VII Junior High School. Thesis, Department of Mathematics and Natural Sciences Education. Faculty of Teacher Training and Education, University of Jambi, Advisors: (I) Dra. Roseli Theis, M.S., (II) Dra. Dewi Iriani, M.Pd. Keywords: Social Interaction, Mathematics Learning, Vygotsky's Theory, Rational Numbers This study aims to analyze (1) social interaction between teachers and students in mathematics learning, (2) social interaction among students in mathematics learning, and (3) teachers' strategies in adjusting the level of difficulty of questions to students' abilities. This study was conducted at SMP Negeri 7 Kota Jambi in May 2025. The type of research used in this study was a descriptive approach with qualitative research, which emphasized the actual circumstances and attempted to reveal the phenomena that existed in those circumstances. Data were collected through observation, questionnaires, interviews, and documentation. Data analysis techniques included data reduction, data presentation, and conclusion drawing with credibility testing through source and technique triangulation. The results of the study indicate that the interaction between teachers and students is in the very good category (average score of 4.43). Teachers play an active role as More Knowledgeable Others (MKO) by providing explanations, prompting questions, and assistance in the form of scaffolding in accordance with the Zone of Proximal Development principle.
| Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Social Interaction, Mathematics Learning, Vygotsky's Theory, Rational Numbers |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Divina Andana |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 02:22 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 02:23 |
| URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/87671 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
