HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN DISIPLIN ANAK DI TK PEMBINA DESA TERUSAN KABUPATEN BATANGHARI

APRIHARTINI, DEDE HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN DISIPLIN ANAK DI TK PEMBINA DESA TERUSAN KABUPATEN BATANGHARI. JURNAL HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN DISIPLIN ANAK DI TK PEMBINA DESA TERUSAN KABUPATEN BATANGHARI.

[img] Text
cover.pdf

Download (109kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (468kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (83kB)

Abstract

ABSTRAK Dede Aprihartini. 2019. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Displin Anak Di Tk Pembina Desa Terusan Kabupaten Batanghari”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I, Dr. K. A. Rahman, M.Pd.I. Pembimbing 2. Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si. Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Disiplin Anak Berdasarkan hasil pengamatan penulis menemukan bahwa beberapa anak dalam disiplin belajar belum baik, karena mendidik anak dari orang tua berbeda, hasil pengamatan dan wawancara yang penulis lakukan dapat diketahui bahwa disiplin anak di TK berbeda tergantung dari orangtuanya mendidik di rumah, ada faktor yang membuat tingkat disiplin anak-anak tidak sama, ada hal yang mempengaruhi tingkat disiplin anak baik itu dari segi pola asuh atau pun yang lainnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan disiplin anak di Tk Pembina Desa Terusan Kabupaten Batanghari Jenis penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional, untuk mengetahui ada tidaknya hubungan variabel yang satu dengan variabel yang lain, berdasarkan koefisien korelasi. Berdasarkan populasi yang ada yaitu 54 anak maka sampel di ambil secara keseluruhan secara total sampel. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh untuk uji normalitas Lo < Ltabel, maka data dari kedua variabel memiliki distribusi data yang normal karena, untuk data angket pola asuh orangtua Lo (0.1067) < Ltabel (0,1205), sedangkan data disiplin belajar anak didapat Lo (0,0938) < Ltabel (0,1205), hasil pengolahan korelasi, maka nilai r = 0.93861181 memiliki arti bahwa hubungan antara pola asuh orangtua dengan disiplin belajar anak di TK Pembina Desa Terusan Kabupaten Batanghari termasuk dalam kategori tinggi. Dengan menggunakan rumus (n-2) 54-2 = 52 pada α = 0,05, maka dengan dk 52, untuk uji dua pihak t 0,95 = 1,6702 mudah dilihat bahwa t_(hitung=) 19.62004 > t_tabel 1,6747 maka terdapat hubungan antara pola asuh orangtua dengan disiplin belajar anak di TK Pembina Desa Terusan Kabupaten Batanghari. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh orangtua dengan disiplin anak di TK Pembina Desa Terusan Kabupaten Batanghari.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DEDE AFRIHARTINI
Date Deposited: 02 Sep 2019 03:24
Last Modified: 02 Sep 2019 03:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9069

Actions (login required)

View Item View Item