Analisis Keterlaksaan Model Pembelajaran Group Investigation dan Hubungannya Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Redoks Kelas X IPA MA Laboratorium Kota Jambi

Sitompul, Ester (2019) Analisis Keterlaksaan Model Pembelajaran Group Investigation dan Hubungannya Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Redoks Kelas X IPA MA Laboratorium Kota Jambi. S1 thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (18kB)
[img] Text
3. halaman persetujuan.pdf

Download (88kB)
[img] Text
4. halaman pengesahan.pdf

Download (120kB)
[img] Text
4 b. pernyataan.pdf

Download (113kB)
[img] Text
7. daftar isi.pdf

Download (64kB)
[img] Text
11. BAB I buk yus.pdf

Download (96kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf

Download (56kB)

Abstract

Dalam pembelajaran kimia dibutuhkan suatu model pembelajaran interaktif yang dapat membantu siswa dalam penguasaan keterampilan proses sains. Salah satu inovasi pembelajaran yang mendukung keterampilan proses sains siswa adalah model pembelajaran kooperatif Group Investigation. Model pembelajaran Group Investigation dapat diterapkan pada materi redoks untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa, yang terlibat dalam penyelidikan, menjelaskan konsep yang didapat, mengembangkan konsep dan saling mengevaluasi kemajuan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Group Investigation terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi redoks Kelas X IPA MA Laboratorium Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model sequential exploratory (model urutan penemuan). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas X IPA 1 MA Laboratorium Kota Jambi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Group Investigation oleh guru maupun siswa dan lembar observasi keterampilan proses sains siswa. Untuk melihat hubungan keterlaksanaan model pembelajaran Group Investigation dengan keterampilan proses sains dilakukan uji korelasi product moment. Keterlaksanaan model pembelajaran Group Investigation oleh siswa sebesar 73,36% dengan kategori baik dan persentase keterampilan proses sains siswa sebesar 73,08% dengan kategori baik. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran Group Investigation dengan keterampilan proses sains siswa diperoleh rxy = 0,5407 dengan tingkat hubungan sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation dapat terlaksana dengan baik dan hasil keterampilan proses sains siswa dengan kategori baik sehingga terdapat hubungan yang positif antara keterlaksanaan model pembelajaran Group Investigation dan keterampilan proses sains siswa pada materi redoks di kelas X IPA MA Laboratorium Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ESTER MORDEKHAI SITOMPUL
Date Deposited: 09 Sep 2019 07:10
Last Modified: 09 Sep 2019 07:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9117

Actions (login required)

View Item View Item