Oktavia, Sriwahyuni and Asrial, Asrial and Malik, Affan (2019) PERBANDINGAN SIKAP ILMIAH SISWA ANTARA MODEL LEARNING CYCLE 5E MENGGUNAKAN LABORATORIUM REAL DENGAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI TITRASI ASAM BASA KELAS XI SMA ISLAM AL-FALAH JAMBI. Analisis.
![]() |
Text
cover.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (187kB) |
Abstract
Sikap ilmiah siswa memiliki peranan yang sangat menentukan dan mendorong seorang siswa agar dapat menyelesaikan proses belajar yang dijalaninya hingga tuntas. Model pembelajaran yang dapat membantu mengembangkan sikap ilmiah siswa adalah model Learning Cycle 5E yang berbasis inkuiri. Kegiatan inkuiri ini dapat dilakukan di laboratorium. Terdapat dua jenis laboratorium yaitu laboratorium real dan laboratorium virtual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sikap ilmiah siswa yang diajar melalui model Learning Cycle 5E menggunakan laboratorium real lebih baik dibandingkan dengan yang diajar melalui model Learning Cycle 5E menggunakan laboratorium virtual pada materi titrasi asam basa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yaitu Quasi Experimental Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling diperoleh pasangan kombinasi XI MIPA 1 dengan XI MIPA 2 dimana kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen penelitian berupa lembar observasi sikap ilmiah. Untuk melihat perbedaaan sikap ilmiah siswa pada kedua kelas sampel dilakukan dengan uji t. Sebelum dilakukan uji t dilakukan uji normalitas dan homogenitas terlebih dahulu. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan uji Liliefors diketahui bahwa data berdistribusi normal dengan Lhitung < Ltabel, serta pengolahan data dengan uji Fisher diketahui bahwa data homogen dengan Fhitung < Ftabel. Kemudian diperoleh hasil perhitungan uji t yaitu thitung = 6,4005 > ttabel = 1,66864 dengan taraf nyata α=5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sikap ilmiah siswa yang diajar melalui model Learning Cycle 5E menggunakan laboratorium real lebih baik dibandingkan dengan yang diajar melalui model Learning Cycle 5E menggunakan laboratorium virtual pada materi titrasi asam basa.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SRIWAHYUNI OKTAVIA |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 02:38 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 02:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9350 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |