Ulfa, Hana Pengaruh Disiplin dan Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 22 Kota Jambi. -. (Unpublished)
![]() |
Text
COVER.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (285kB) |
Abstract
Guru merupakan sebuah profesi yang dipercaya untuk mendidik siswa, keberhasilan akan proses belajar mengajar digantungkan kepada guru dan ketika terdapat suatu kesalahan dalam pendidikan seringkali guru yang menjadi sasaran. Berhasil atau tidaknya proses belajar mengajar ditentukan oleh kedisiplinan dan komunikasi guru itu sendiri dalam mengajar dikelas dan dalam menyampaikan materi. Selama proses belajar banyak sekali faktor yang mempengaruhi. Adapun faktor-faktor tersebut dapat berasal dari dalam diri siswa (internal) atau luar siswa (eksternal). Motivasi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pengaruh disiplin dan komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan peneletian survey. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi yang berjumlah 235 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 70 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer berupa angket. Data di uji coba dengan validitas dan reliabilitas selanjutnya data analisis dengan statistik deskriptif dengan teknik analisis datanya regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara disiplin guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 3,682, maka H0 ditolak dan Ha diterima; (2) tidak terdapat pengaruh komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 8,23, maka H0 diterima dan Ha ditolak; (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara disiplin guru dan komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 8,774, sehingga dapat disimpulkan disiplin guru dan komunikasi guru secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Dari hasil penelitian ini disarankan agar diharapkan bagi guru mampu meningkatkan kedisiplinan serta menjalin komunikasi yang baik saat proses pembelajaran maupun diluar pembelajaran agar siswa lebih bersemangat serta memiliki motivasi belajar yang tinggi dalam belajar.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | HANA ULFA |
Date Deposited: | 10 Dec 2019 04:00 |
Last Modified: | 10 Dec 2019 04:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9786 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |