Vandera, Dea (2020) PENERAPAN METODE SOLFEGIO DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYANYI LAGU WAJIB NASIONAL PADA MUATAN PEMBELAJARAN MUSIK SISWA KELAS IV SDN 182/I HUTAN LINDUNG. S1 thesis, Univesitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (90kB) |
Abstract
ABSTRAK Vandera, Dea. 2020. Penerapan Metode Solfegio dalam Meningkatkan Keterampilan Menyanyi Lagu Wajib Nasional pada Muatan Pembelajaran Musik Siswa Kelas IV SDN 182/I Hutan Lindung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd., (II) Hendra Budiono S.Pd., M.Pd., Kata Kunci: keterampilan menyanyi, solfegio, lagu wajib nasional Lagu wajib nasional adalah lagu tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia dengan maksud untuk menumbuhkan rasa nasionalisme, kepahlawanan dan mengorbankan semangat juang bangsa. Maka dari itu, lagu wajib nasional seharusnya dinyanyikan dengan khidmat dan penuh penghayatan agar tidak menghilangkan makna dan nilai-nilai dari lagu tersebut. Akan tetapi, keterampilan menyanyikan lagu wajib nasional oleh siswa kelas IV SD Negeri No.182/I Hutan Lindung masih rendah dikarenakan mereka belum mampu menyanyi sesuai dengan partitur lagu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan pelaksanaan metode solfegio untuk meningkatkan keterampilan menyanyi lagu wajib nasional melalui metode solfegio di kelas IV sekolah dasar dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menyanyi siswa kelas IV sekolah dasar dalam menyanyikan lagu wajib nasional melalui metode solfegio. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Suharsimi Arikunto dengan tahapan: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri No. 182/I Hutan Lindung pada Januari hingga Februari 2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 15 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif statistika sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode solfegio mampu meningkatkan keterampilan menyanyi lagu wajib nasional pada muatan pembelajaran musik siswa kelas IV SD Negeri No. 182/I Hutan Lindung. Metode solfegio sebaiknya diawali dengan cara membaca notasi dengan menggunakan alat musik melodis. Adapun persentase dari hasil penelitian pada siklus I yaitu 46.66% atau 9 dari 15 orang siswa dinyatakan tuntas. Pada siklus II persentase dari hasil penelitian yaitu sebesar 86.6% atau 12 dari 15 siswa mampu menyanyikan lagu wajib nasional sesuai dengan notasi. Diharapkan beberapa saran-saran bermanfaat dan dapat dijadikan rujukan untuk penelitian sejenis demi peningkatan kualitas pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Dea Vandera |
Date Deposited: | 22 Jul 2020 07:52 |
Last Modified: | 22 Jul 2020 07:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13011 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |