HARAHAP, SISKA SRIWULAN (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP NEGERI 8 BATANGHARI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (86kB) |
Abstract
ABSTRAK Harahap, Siska Sriwulan. 2019.Pengaruh Metode Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 8 Batanghari. Skrispsi. Pembimbing (I) Dra. Hj. May Maemunah, ME (II) Siti Syuhada, S. Pd, M. E. Kata Kunci : kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal, dan hasil belajar. Hasil belajar merupakan suatu proses pembelajaran yang menjadi masalah dikalangan siswa, dimana siswa hendak memiliki kecerdasan intrapersonal yang dapat membantu dirinya dalam memahami kelebihan dan kekurangan yang dimiliki sehingga menemukan jalan keluar dalam mengatasi kekurangannya, dan kecerdasan interpersonal yang dimana siswa dapat saling tolong menolong dalam meningkatkan hasil belajar mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan metode PQ4R pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 8 Batanghari (2) Untuk mengetahui Pengaruh metode pembelajaran PQ4R dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 8 Batanghari Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 8 Batanghari. Populasi penelitian ini berjumlah 92 orang dan sampelnya berjumlah 40 orang. Instrument dalam penelitian ini berupa soal objektif yang berjumlah 25 item untuk kecerdasan dan lembar observasi berjumlah 6 item. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2019. Data diperoleh dari hasil pretest-postest siswa kelas VII SMP Negeri 8 Batanghari. Setelah angket dikembalikan, data dianalisis dengan menggunakan Program SPSS release 19.0. Hasil penelitian menunjukkaan bahwa (1) Aktivitas belajar siswa dengan penggunaan metode pembelajaran PQ4R pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Negeri 8 Batanghari materi penyimpangan sosial dan upaya pencegahannya termasuk kategori baik (65,90%). (2) Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Negeri 8 Batanghari, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai signifikansi yang lebih kecil dari nilai alfa (003 < 005). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan harapan kedepan adalah penelitian ini berguna sebagai bahan informasi. Dan penelitian ini diharapkan bisa menjadi berguna untuk peneliti selanjutnya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing (I) Dra. Hj. May Maemunah, ME Pembimbing (II) Siti Syuhada, S. Pd, M. E. |
Uncontrolled Keywords: | : kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal, dan hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SISKA SRIWULAN HARAHAP |
Date Deposited: | 06 Aug 2020 03:37 |
Last Modified: | 06 Aug 2020 03:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13222 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |