Br Perangin-angin, Megawati (2020) Analisis Pelaksanaan Model Search, Solve, Create And Share (SSCS) Dan Korelasinya dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Redoks Kelas X SMA N 1 Muaro Jambi. S1 thesis, FKIP.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
L.PENGESAHAN.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (188kB) |
Abstract
Kurikulum 2013 menuntut siswa untuk berpikir kritis,kreatif,dan inovatif dalam mempelajari sesuatu. Hasil observasi ditemukan siswa kelas X MIPA di SMAN 1 Muaro Jambi masih banyak siswa yang tidak memahami konsepnya sehingga kemampuan berpikir kreatif siswa tidak bisa berkembang. Salah satu model pembelajaran yang mampu mengambangkan kemampuan berpikir kretif di dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Solve,Create and Share (SSCS) . Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan model pembelajaran Solve,Create and Share (SSCS), pada materi redoks dan korelasinya dengan kemampuan berpikir kreatif siswa di SMAN 1 Muaro Jambi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran (mix method) dengan jenis model Triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas X MIPA 4. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi pelaksanaan model pembelajaran Solve,Create and Share (SSCS),baik dari guru maupun siswa dan soal tes esai kemampuan berpikir kreatif siswa. Untuk melihat korelasi keterlaksanaan model pembelajaran Solve,Create and Share (SSCS), dengan kemampuan berpikir kreatif siswa dilakukan uji korelasi product moment. Pelaksanaan model pembelajaran Solve, Create and Share (SSCS), oleh siswa adalah 73,39% dengan kategori baik dan persentase kemampuan berpikir kreatif siswa adalah 72,77% dengan kategori baik. Korelasi pelaksanaan model pembelajaran Solve,Create and Share (SSCS), dengan kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh rxy = 0,79 dengan tingkat hubungan kuat. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran Solve,Create and Share (SSCS), berjalan dengan baik dan terdapat korelasi pelaksanaan model Solve,Create and Share (SSCS), dengan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi redoks dikelas X MIPA 4 SMAN 1 Muaro Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MEGAWATI BR PRANGIN ANGIN |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 02:56 |
Last Modified: | 24 Aug 2020 02:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13331 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |