PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS (Two Stay Two Stray) TERHADAP SELF EFFICACY PADA MATERI HIDROLISIS GARAM SISWA KELAS XI IPA SMA ISLAM AL-FALAH JAMBI

Siregar, Eka Rahmadani (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS (Two Stay Two Stray) TERHADAP SELF EFFICACY PADA MATERI HIDROLISIS GARAM SISWA KELAS XI IPA SMA ISLAM AL-FALAH JAMBI. S1 thesis, UNJA.

[img] Text
cover depan.pdf

Download (59kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (586kB)
[img] Text
DAFTAR IS1.pdf

Download (78kB)
[img] Text
BAB 1-dikonversi.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (58kB)

Abstract

ABSTRAK Siregar, E.R., 2020. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray) Terhadap Self Efficacy Pada Materi Hidrolisis Garam Siswa Kelas XI IPA SMA Islam Al-Falah Jambi. Jurusan PMIPA, FKIP Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Dr.rer.nat. Muhaimin, S.Pd, M.Si, dan Pembimbing (II) Dr. Yusnaidar, S.Si., M.Si. Kata kunci: Self efficacy, Model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya keyakinan diri siswa pada saat proses pembelajaran yang disebabkan pembelajaran lebih berpusat pada guru. Salah satu solusi untuk memecahkan masalah tersebut dilakukan pembenahan pada proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray), bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TSTS(Two Stay Two Stray) terhadap self efficacy pada materi hidrolisis garam kelas XI IPA SMA Islam Al-Falah Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian The Non Equivalent Control Group.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Islam Al-Falah Jambi pada semester genap tahun ajaran 2019/2020.Penelitian ini menggunakan dua kelas yang dibandingkan yaitu kelas eksperimen (X1) dan kelas kontrol (X2). Kelompok eksperimen diberikan perlakuan yaitu menggunakan model kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) dan kelompok pengontrol dengan model pembelajaran direct instruction (pembelajaran langsung). Setelah diberi perlakuan terhadap self efficacy dengan analisis data yang menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t. Nilai rata-rata self efficacy siswa belajar kimia pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, 85,07 dan 77,11. Berdasarkan uji statistik pada α =0,05 diperoleh t_hitung= 6,601 >t_tabel. Nilai t_hitung>t_tabel berarti hipotesis H_0 ditolak dan hipotesis H_1 diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap self efficacy pada materi hidrolisis garam siswa kelas XI IPA SMA Islam Al-Falah Jambi dibandingkan dengan model pembelajaran Direct Instruction (pembelajaran langsung).

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: EKA RAHMADANI SIREGAR
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:16
Last Modified: 02 Sep 2020 04:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13520

Actions (login required)

View Item View Item