putra, bima kurnianto (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMAN 11 KOTA JAMBI. S1 thesis, FKIP.
![]() |
Text
halaman pengesahan skripsi bima.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
cover repository.pdf Download (34kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa kelas X pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMAN 11 Kota Jambi. Penelitian dilaksanakan di SMA NEGERI 11 Kota Jambi, Tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan proses sains siswa. Setelah seluruh kegiatan selesai dilaksanakan, data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan dengan hitungan uji tes “t”. Berdasarkan analisis data terdapat pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan proses sains siswa. Dapat dilihat nilai rata-rata hasil lembar observasi untuk penilaian kelas eksperimen = 31, sedangkan kelas kontrol = 29,89. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunan rumus uji tes ‘t’ untuk thitung = 2,73197414 dan nilai ttabel = 2,00 dan 2,65. Hal ini berarti thitung > ttabel yang artinya hipotesis di terima. Faktor-faktor yang menyebabkan nilai keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen lebih tinggi teridiri atas. Pertama, model PjBL dapat meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) siswa, sehingga menjadikan siswa lebih berpikir kritis, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, lebih cermat, rajin dan bekerja sama dengan baik sehingga dengan model ini siswa menjadi lebih aktif dan termotivasi dari biasanya. Kedua keterampilan proses merupakan pengembangan sikap dan nilai yang meliputi rasa ingin tahu, jujur, sabar, terbuka, tidak percaya takhayul, kritis, tekun, ulet, cermat, disiplin, peduli terhadap lingkungan, memperhatikan keselamatan kerja dan bekerja sama dengan orang lain, sehingga segala aspek yang meliputi keterampilan proses sains siswa pun meningkat dengan adanya pengaruh model PjBL. Berdasarkan penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa berupa Skor hasil skor keterampilan proses sains siswa yang diberikan model Project Based Learning dengan skor keterampilan proses sains siswa yang tidak diberikan model Project Based Learning tentang pencemaran lingkungan ialah berpengaruh dan disarankan agar guru dapat menerapkan model Project Based Learning (PjBL) dalam kegiatan pembelajaran, khususnya kegiatan dalam pembelajaran kelompok yang membuat siswa menjadi antusias dalam pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | BIMA KURNIANTO PUTRA |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 02:21 |
Last Modified: | 17 Sep 2020 02:21 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13640 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |