Aulia Sahara, Endah and Chan, Faizal and Sherly Pamela, Issaura (2020) ANALISIS PERANAN MODEL AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
cover be.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN-1.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
DAFTAR IS1.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
BAB I-1.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
BAB V-1.pdf Download (8kB) |
Abstract
Sahara, Endah Aulia. (2020). Analisis Peranan Model Auditory, Intellectually, Repetition Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Drs. Faizal Chan, S.Pd.,M.Si, (2) Issaura Sherly Pamela, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Model Auditory,Intellectually,Repetition, Pembelajaran IPA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan (Library Research). Data dalam penelitian ini dikumpul dengan teknik pengumpulan data berupa studi dokumentasi. Data dikumpulkan dari beberapa artikel jurnal yang sesuai dengan topik yang akan diteliti. Adapun prosedur dalam penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan dan penyelesaian Hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) memiliki peranan dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Penerapan model AIR di dalam proses pembelajaran IPA membuat hasil belajar IPA peserta didik menjadi lebih baik. Hasil belajar ini berupa kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan. Model AIR ini menekankan pada tiga aspek yaitu belajar melalui auditory yaitu mendengarkan, menyimak, mengamati kemudian, intellectually yaitu kemampuan berpikir dan, repetition yaitu pengulangan. Dengan serangkaian aktivitas dari model AIR peserta didik menjadi lebih aktif dan antusias mengikuti pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik sesuai dengan yang diharapkan. Model pembelajaran ini dapat menumbuhkan minat dan motivasi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Karena pembelajaran terasa menyenagkan tidak membosankan bagi peserta didik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) memiliki peranan dalam proses pembelajaran IPA di sekolah dasar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | ENDAH AULIA SAHARA |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 02:24 |
Last Modified: | 17 Sep 2020 02:24 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13717 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |