Kurniawan, Roby (2020) ANALISIS KEMAMPUAN NUMBER SENSE SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH BILANGAN PECAHAN PADA KELAS VII SMP N 21 TANJUNG JABUNG TIMUR. S1 thesis, FKIP.
![]() |
Text
cover.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN 1.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (91kB) |
Abstract
Roby Kruniawan. 2020. Analisis Kemampuan Number Sense Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Bilangan Pecahan pada Kelas VII SMP N 21 Tanjung Jabung Timur: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Gugun M. Simatupang, M.Si (II) Drs. Husni Sabil, M.Pd. Kata Kunci : Number Sense, Pemecahan Masalah, Bilangan Pecahan Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya kemampuan number sense siswa dalam pemecahan masalah matematika kelas VII A SMP N 21 Tanjung Jabung Timur. Kurangnya kemampuan number sense siswa disebabkan oleh tahapan pemahaman siswa dalam memahami masalah dan memahami suatu bilangan yang kurang diperhatikan oleh guru serta karakteristik siswa pada kepribadian. Maka dari itu perlu dilakukan suatu upaya penelitian untuk menganalisis kemampuan number sense siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah bilangan pecahan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui kemampuan number sense siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah bilangan pecahan pada kelas VII SMP. Penelitian ini dilakukan pada kelas VII A SMP N 21 Tanjung Jabung Timur ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian merupakan tiga orang siswa kelas VII A yang dipilih berdasarkan tiga nilai tertinggi di ujian smester. Instrumen dalam penelitan ini ialah peneliti sendiri, serta dibantu lembar tes soal pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Dalam pengumpulan data peneliti melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi teknik dan sumber, selanjutnya data yang diproleh kemudian dianalisis dengan tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketiga subjek memiliki kemampuan number sense yang masih rendah dalam menyelesaikan pemecahan masalah. Adapun kesalahan yang dilakukan subjek meliputi subjek yang tidak menguasai konsep bilangan dan menyimpulkan hasil pekerjaan. Dari hasil penelitian ini di sarankan agar guru sering memeriksa jawaban siswa dengan kemampuan number sense siswa dan mendalami konsep bilangan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ROBY KURNIAWAN |
Date Deposited: | 23 Sep 2020 03:47 |
Last Modified: | 23 Sep 2020 03:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13955 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |