NOVRIANI, KARLINA (2020) Analisis Penggunaan Model Team Accelarated Instruction (TAI) dengan Pendekatan Research Skill Development Pada Materi Asam Basa Terhadap Kemampuan Komunikasi Kelas XI MIPA SMAN 4 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (25kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (125kB) |
Abstract
ABSTRAK Novriani Karlina. 2020. Analisis Penggunaan Model Team Accelarated Instruction (TAI) dengan Pendekatan Research Skill Development Terhadap Kemampuan Komunikasi Materi asam basa Kelas XI MIPA SMAN 4 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Dra. Zurweni, M.Si., Pembimbing II: Aulia Sanova, S.T, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Team Accelarated Instruction (TAI), Pendekatan Research Skill Development (RSD), Kemampuan Komunikasi, Asam Basa. National Education Association (n.d.) telah mengidentifikasi keterampilan abad ke-21 sebagai keterampilan “The 4Cs.” “The 4Cs” meliputi berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi. Kemampuan komunikasi merupakan salah satu komponen penting yang harus dikembangkan bagi peserta didik untuk memenuhi tuntutan pembelajaran di abad 21 ini. Salah satu model pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan komunikasi siswa dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Team Accelarated Instruction (TAI) dengan dibantu pendekatan Research Skill Development (RSD). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model Team Accelarated Instruction (TAI) dengan pendekatan RSD terhadap kemampuan komunikasi siswa pada materi asam basa di kelas XI MIPA SMAN 4 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis Triangulasi Konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 2. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar penilaian aktivitas guru, lembar penilaian komunikasi lisan siswa pada ranah afektif dan psikomotor serta tes essay kemampuan komunikasi tulisan siswa. Untuk melihat pengaruh penggunaan model TAI dengan pendekatan RSD terhadap kemampuan komunikasi siswa dilakukan uji paired sample t-tes. Persentase kemampuan komunikasi lisan siswa pada ranah afektif sebesar 66,99% dengan kategori baik dan persentase kemampuan komunikasi lisan siswa pada ranah psikomotor sebesar 63,85% dengan kategori baik serta kemampuan komunikasi tulisan siswa sebesar 74,2%. Pengaruh penggunaan model TAI dengan pendekatan RSD terhadap kemampuan komunikasi siswa diperoleh thitung sebesar - 25,07 dan ttabel sebesar 2,045. Karena -2,045 > -25,07 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model Team Accelarated Instruction (TAI) dengan pendekatan RSD berjalan dengan baik dan terhadap pengaruh kemampuan komunikasi siswa pada materi asam basa di kelas XI MIPA 2 SMAN 4 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | KARLINA NOVRIANI |
Date Deposited: | 24 Sep 2020 07:01 |
Last Modified: | 24 Sep 2020 07:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |