Syilvitri, Syilvitri (2020) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN SIKAP GURU DALAM BELAJAR MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI SMA N 1 MUARO JAMBI. S1 thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
![]() |
Text
Cover (6).pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI (3).pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
0645c029-ca4b-40a0-b863-2494ea74b9f6-dikonversi.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
BAB I (6).pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
BAB V (5).pdf Download (186kB) |
Abstract
Syilvitri.2020.“Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Sikap Guru Dalam Poses Belajar Mengajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI SMA N 1 Muaro Jambi”. Pembimbing I Dr. Drs. Suratno, M.Pd, Pembimbing II Iwan Putra, S. E., M.S. AK Kata Kunci:Kemandirian belajar, sikap guru dalam poses belajar, hasil belajar Dari hasil pengamatan peneliti banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yang rendah yaitu siswa masih suka belajar berkelompok, kurang percaya diri serta kurang memperhatikan penjelasan guru dalam menyampaikan materi, faktor yang mempengaruhi hasil belajar ada yang berasal dari dalam diri maupun dari luar diri siswa. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar ada yang berasal dari dalam diri maupun dari luar diri siswa. Tujuan penelitian ini pengaruh kemandirian belajar dan sikap guru dalam poses belajar mengajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi di kelas XI SMA N 1 Muaro Jambi. Jenis penelitian yang digunakan ini kuantitatif yaitu data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka. Variabel bebas (independen variabel)Kemandirian belajar 〖(X〗_1),sikap guru〖 (X〗_2), (Variabel terikat (dependen variabel), Hasil belajar (Y). sampel di ambil secara keseluruhan dengan jumlah sampel 63 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, untuk variabel X1 terhadap Y diperoleh koefisien untuk variabel Kemandirian belajar (X1) sebesar 0.390 atau dapat dinyatakan sebagai persamaan linier Y = 81,050 + 0,390 X. Pada tabel tersebut nilai t hitung sebesar 2,710 dibandingkan dengan t tabel dk= n-1 = 62 maka t tabel = 1,6698 dengan sig = 0,00, untuk variabel X2 terhadap Y diperoleh koefisien untuk variabel sikap guru (X2) sebesar 0.064 atau dapat dinyatakan sebagai persamaan linier Y = 78.602 + 0,064 X. Pada tabel tersebut nilai t hitung sebesar 2,504 dibandingkan dengan t tabel dk= n-1 = 62 maka t tabel = 1,6698 dengan sig = 0,00, dapat dilihat bahwa secara simultan besarnya F hitung untuk model regresi ini adalah 5.032 dengan harga signifikansi sebesar 0,009. Hal ini menunjukkan bahwa nilai F yang diperoleh tersebut signifikan karena harga signifikansinya yang diperoleh kurang dari 0,05. Dapat disimpulkan pengaruh kemandirian belajar dan sikap guru dalam poses belajar megajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi di kelas XI SMA N 1 Muaro Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SYILVITRI |
Date Deposited: | 19 Oct 2020 01:22 |
Last Modified: | 19 Oct 2020 01:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14387 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |