SAFRIYANI, SAFRIYANI (2020) “Pengaruh Bermain Balok terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi”. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
cover_skripsi[1].pdf Download (53kB) |
![]() |
Text
daftar_isi[1].pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
bab_1[1].pdf Download (51kB) |
![]() |
Text
bab_5[1].pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
daftar_pustaka[1].pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
persetujuan safriyani_2.pdf Download (270kB) |
Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi menunjukkan bahwa dari 15 anak jumlah keseluruhan di kelas B1 terlihat 13 anak yaitu AFH, NR, JTM, JAM, GMGH, MVA, NAL, PKN, SSK, AUH, SRS, DFA dan NDP masih kurang optimal kecerdasan visual spasialnya. Hal ini terlihat ketika anak menggambarkan objek yang ada disekitarnya, anak masih kesulitan dalam membentuk berdasarkan objek yang pernah dilihat, anak masih bingung ketika memilih warna untuk mewarnai gambar suatu objek yang sesuai dengan yang pernah dilihatnya, anak hanya meniru gambar atau bentuk yang dicontohkan guru, dan anak terkadang juga masih bingung untuk menyebutkan bentuk-bentuk geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bermain Balok terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh bermain balok terhadap kecerdasan visual-spasial anak usia dini di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi?. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh bermain balok terhadap kecerdasan visual spasial anak usia dini di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Gardner tentang kecerdasan jamak yaitu kecerdasan visual spasial dan teori Benish dan Kinsmans Berk tentang bermain balok. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PreExperimental Design. Dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design dengan menilai sebanyak dua kali yakni sebelum diberi tindakan (Pretest) dan sesudah diberi tindakan (Posttest). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi yang berjumlah 90. Sampel penelitian yang digunakan adalah anak kelas kelompok B1 TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi yang berjumlah 15. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Teknik Sampling Purposive. Teknik penggumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistic non parametric, yaitu Wilcoxon, dan untuk mengetahui besar pengaruh bermain balok terhadap kecerdasan visual spasial anak dalam penelitian ini, dapat diketahui dengan menggunakan rumus Cohen’s d effect size. Hasil uji Wilcoxon Match Pairs Test membuktikan bahwa nilai kritis Ztabel dengan tingkat signifikan 5% adalah > 1,96, sedangkan nilai Zhitung yang diperoleh 3,407 (Zhitung> Ztabel) Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya besar pengaruh yang di dapat dengan menggunakan rumus Cohen’s d effect size sebesar 3,987 yang berarti Strong Effect (Kuat). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa bermain balok berpengaruh kuat terhadap kecerdasan visual spasial anak TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | SAFRIYANI |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 03:51 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 03:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14603 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |