ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI LAJU REAKSI DAN KORELASINYA DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI MIPA SMAN 5 KOTA JAMBI

Nurohmah, Ika (2020) ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI LAJU REAKSI DAN KORELASINYA DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI MIPA SMAN 5 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
JUDUL COVER.pdf

Download (143kB)
[img] Text
halaman persetujuan.pdf

Download (419kB)
[img] Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (476kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (38kB)

Abstract

Kurikulum 2013 menekankan adanya suatu pendekatan ilmiah yang melibatkan keterampilan yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan. Hasil observasi ditemukan siswa kelas XI MIPA di SMAN 5 Kota Jambi masih banyak siswa yang kurang berpartisipasi dalam pembelajaran dan kurangnya memahami konsep materi tersebut, sehingga keterampilan proses sains yang dimiliki siswa masih belum optimal. Salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatan keterampilan proses sains di dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Group Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan korelasinya dengan keterampilan proses sains siswa pada materi laju reaksi di SMAN 5 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI IPA. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model Group Investigation oleh guru maupun siswa dan lembar observasi keterampilan proses sains siswa. Untuk melihat korelasi keterlaksanaan model Group Investigation dengan keterampilan proses sains siswa dilakukan uji korelasi product moment pearson. Keterlaksanaan model pembelajaran Group Investigation oleh siswa adalah 58.98% dengan kategori cukup baik dan presentase keterampilan proses sains siswa adalah 62.55% dengan kategori cukup baik. Korelasi keterlaksanaan model Group Investigation dengan keterampilan proses sains siswa diperoleh rxy = 0,48 dengan tingkat korelasi sedang dan r2 = 23,89% dengan pengaruh rendah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Group Investigation berjalan dengan baik dan terdapat korelasi keterlaksanaan model GI dengan keterampilan proses sains siswa pada materi laju reaksi di kelas XI MIPA SMAN 5 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: IKA NUROHMAH
Date Deposited: 15 Dec 2020 04:23
Last Modified: 15 Dec 2020 04:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15344

Actions (login required)

View Item View Item