IDENTIFIKASI KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA YANG TERDAFTAR AKTIF PADA TAHUN AJARAN 2020

Yunisa, Aulia (2020) IDENTIFIKASI KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA YANG TERDAFTAR AKTIF PADA TAHUN AJARAN 2020. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
skripsi aulia yunisa ACCprint.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (185kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Yunisa, Aulia. 2020.Identifikasi Kemandirian Belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi Tahun 2020: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. M. Hidayat, M.Pd., (II) Rahma Dani, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: identifikasi, Kemandirian Belajar Kemandirian belajar adalah kemampuan untuk bertanggung jawab atas proses belajar untuk diri sendiri. Kemandirian belajar juga disebut juga dengan suatu kapasitas untuk memberi refleksi,kritis, membuat keputusan dan menindak lanjuti keputusan itu. Kemandirian belajar juga sangat penting untuk menunjang kesiapan individu yang mau dan mampu untuk belajar dengan inisiatif sendiri dengan atau tanpa bantuan pihak lain. Penelitian ini hanya dibatasi hanya pada mengidentifikasi tingkat kemandirian belajar mahasiswa pendidikan fisika FKIP universitas jambi yang terdaftar aktif tahun 2020, pada angkatan 2019,2018,dan 2017 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kemandirian belajar yang dimiliki mahasiswa khusus nya mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan prodi pendidikan fisika angkatan 2017,2018, dan 2019. Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini yaitu kita dapat mengetahui sejauh mana kemandirian belajar yang dimiliki masiswa pendidikan fisika yang aktif pada tahun ajaran 2020. Penelitian ini dilakukan di universitas jambi diprodi pendidikan fisika pada juli hingga agustus 2020 dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2017,2018, dan 2019 yang terdaptar pada tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kuantitaitf yang menggambarkan karakteristik suatu populasi atau fenomena yang sedang diteliti. adapun populasi nya yaitu 300 responden yang terbagi menjadi tiga angkatan yaitu angkatan 2019,2018, dan 2020, sedangkan sampel diambil 20% tiap angkatan yang 23 masing-masing angkatan. Teknik pengumpulan data nya itu dengan cara menyebarkan angket kemandirian belajar, angkat yang digunakan peneliti yaitu angket yang telah diadaptasi dari angket Muhajirin (2018), dengan nilai reliabilitas yaitu 0,361 angket tersebut disebarkan secara online. setelah data telah selasai di kumpulkan. data tersebut diolah secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Data yang diambil diolah sesuai indikator yang telah ditentukan. Hasil Penelitian ini menunjukkan kemandirian belajar mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan prodi pendidikan fisika masih tergolong sangat rendah. Kemandirian belajar mencakup lima indikator yaitu indikator percaya diri yang mamiliki hasil sangat baik 0%, baik 0 %, cukup/kurang baik 33%, tidak baik 47%, dan sangat tidak baik 20%, indikator Disiplin memiliki kategori sangat baik 0%, baik 0%, cukup/kurang baik 4%, tidak baik 32% dan sangat tidak baik 64%, Indikator tanggung jawab memiliki kategori sangat baik 0%, baik 1%, cukup/kurang baik 9%, tidak baik 36%, dan sangat tidak baik 54%, Indikator Inisiatif memiliki kategori sangat baik 0%, baik 1%, cukup/kurang baik 40%, tidak baik 36%, dan sangat tidak baik 23%, Indikator Motivasi memiliki kategori sangat baik 0 %, baik 0%, cukup/kurang baik 12%, tidak baik 52%, dan sagat tidak baik 36%. Dari hasil penelitian ini disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian yang sejenis ataupun pengembangannya agar terciptanya mahasiswa calon guru yang profesional dan dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa dan meningkatkan mutu pendidikan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: AULIA YUNISA
Date Deposited: 17 Dec 2020 04:06
Last Modified: 17 Dec 2020 04:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15397

Actions (login required)

View Item View Item