Analisis Keterlaksanaan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Korelasinya dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Reaksi Redoks di Kelas X MIPA SMAN 1 Muaro Jambi

Rizka, Annisa Triama (2020) Analisis Keterlaksanaan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Korelasinya dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Reaksi Redoks di Kelas X MIPA SMAN 1 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (33kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran dibutuhkan suatu model pembelajaran yang mampu meningkatkan interaksi antar siswa dan kemampuan berpikir kritis. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model Contextual Teaching and Learning (CTL). Model CTL mengacu pada filosofis konstruktivisme yang menyatakan bahwa siswa dapat mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dan bermakna melalui pengalaman yang nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model Contextual Teaching and Learning dan korelasinya dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi reaksi redoks di kelas X MIPA SMAN 1 Muaro Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas X MIPA 3. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model CTL oleh guru maupun siswa dan soal tes essay kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk melihat korelasi keterlaksanaan model Contextual Teaching and Learning dengan kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan uji korelasi product moment pearson. Keterlaksanaan model CTL oleh siswa sebesar 68,42% dengan kategori baik dan persentase kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 71,88% dengan kategori baik. Korelasi keterlaksanaan model CTL dengan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh rxy= 0,646 dengan tingkat korelasi kuat dan Kd= 41,72% dengan tingkat pengaruh sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi keterlaksanaan model Contextual Teaching and Learning dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi reaksi redoks di kelas X MIPA SMAN 1 Muaro Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Annisa Triama Rizka
Date Deposited: 14 Jan 2021 02:32
Last Modified: 14 Jan 2021 02:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15713

Actions (login required)

View Item View Item