PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR

Tianni, Zahara and destrinelli, destrinelli and Noviyanti, Silvina (2021) PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER-dikonversi.pdf

Download (49kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN-dikonversi.pdf

Download (139kB)
[img] Text
ABSTRAK-dikonversi.pdf

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR ISI,GAMBAR,TABEL,LAMPIRAN-dikonversi.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB II-dikonversi.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB III-dikonversi.pdf

Download (60kB)
[img] Text
BAB IV-dikonversi.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB V-dikonversi.pdf

Download (80kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN-dikonversi.pdf

Download (93kB)
[img] Text
LAMPIRAN-dikonversi.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tianni, Zahara. (2020) Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr.Dra. Destrinelli,M.Pd (2) Silvina Noviyanti S.Pd,M.Pd Kata Kunci : Peran Guru, Kesulitan Belajar Siswa Pelaksanaan pembelajaran selama pandemi covid-19 bisa dilaksanakan secara jarak jauh dan tatap muka menyesuaikan dengan kondisi di zona daerahnya. Pembelajaran selama pandemi covid-19 menimbulkan kesulitan- kesulitan belajar yang dialami siswa, oleh karena itu, guru berperan penting dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa selama pandemi covid-19 di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 4/II Muara Bungo. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian fenomenologi. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini berupa deskripsi peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar selama pandemi covid-19 di Sekolah Dasar Negeri 4/II Muara Bungo. Sumber data primer adalah wawancara dan obervasi guru kelas VI dan sumber data sekunder adalah foto-foto dan catatan yang berkaitan dengan peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar selama pandemi covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan belajar selama pandemi covid-19 yaitu pada penguasaan materi, fokus dalam belajar dan jenuh dalam belajar. Kemudian, guru sudah melaksanakaan perannya dalam mengatasi kesulitan belajar siswa selama pandemi covid-19 yaitu peran guru sebagai pembimbing,motivator,inovator,pengelola,fasilitator dan evaluator. Dari hasil penelitian ini disarankan sebagai seorang guru harus melaksanakan perannya dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dalam kondisi apapun. Disamping itu, guru juga harus lebih memahami kesulitan-kesulitan belajar yang dialami oleh siswa .

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: TIANNI
Date Deposited: 19 Jan 2021 02:53
Last Modified: 19 Jan 2021 02:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15797

Actions (login required)

View Item View Item