Zahra, Fitria annisa (2021) Analisis Wacana Kritis Elemen Semantik Van Dijk Pada Teks Iklan Layanan Masyarakat tentang Covid-19. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
halaman_judul[1].docx Download (23kB) |
![]() |
Text
halaman_persetujuan[1].docx Download (497kB) |
![]() |
Text
halaman_pengesahan[1].docx Download (683kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_ISI[1].docx Download (20kB) |
![]() |
Text
BAB_1[1].docx Download (28kB) |
![]() |
Text
BAB_V[1].docx Download (21kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN[1].docx Download (632kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_RUJUKAN[1].docx Download (23kB) |
![]() |
Text
SKRPSI_1[1].docx Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Zahra, Fitria Annisa. 2020. Analisis Wacana Kritis Elemen Semantik Van Dijk pada Teks Iklan Layanan Masyarakat Tentang covid-19 : Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Imam Suwardi, M.Pd., (II) Priyanto, S.Pd, M.Pd. Kata Kuci : Covid-19, Iklan Layanan Masyarakat, Elemen Semantik Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan elemen semantik yang terkandung dalam teks iklan layanan masyarakat tentang covid-19. Penelitian ini bermanfaat untuk keperluan pengetahuan bahasa terutama mengenai elemen semantik wacana kritis pada teori Teun A. Van Dijk. Pemilihan iklan layanan masyarakat sebegai subjek penelitian dilatarbelakangi oleh adanya keinginan peneliti untuk mengetahui makna yang terkandung dalam iklan layanan masyarakat berupa elemen semantik wacana kritis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah foto iklan layanan masyarakat sedangkan sumber datanya adalah iklan layanan masyarakat. Teknik pengumupulan pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan mengumpulkan data dengan mengelompokkan hasil dokumentasi iklan layanan masyarakat tentang protokol kesehatan, mencucui tangan, memakai masker, sosial distancing dan pencegahan virus covid-19 dengan 3M, kemudian mereduksi data dengan memilih data yang akan di teliti, menganalisis data dengan menggunakan teori Van Dijk dan pengambilan kesimpulan yang diperoleh dalam menganalisis data. Hal yang dideskripsikan adalah elemen semantik yang terkandung dalam iklan layanan masyarakat tentang covid-19 yang meliputi latar, detail, maksud dan pranggapan. Hasil penelitian menunjukan bahwa iklan layanan masyarakat tentang covid-19 menjadi objek yang sering dilihat oleh masyarakat. Tujuan dibuatnya iklan layanan masyarakat adalah sebagai himbauan agar masyarakat lebih patuh kepada protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus covid-19. Penggunaan bahasa harus diperimbangkan agar dapat mempermudah masyarakat memahami makna yang hendak disampaikan oleh pembuat iklan. Dari kelima iklan layanan masyarakat tentang covid-19 menujukkan bahwa terdapat makna yang luas. Teori wacana kritis Teun A. Van Dijk dapat mengungkapkan makna dengan menggunakan elemen sementik dapat menjadi alternatif untuk mengembangkan makna dari iklan layanan masyarakat. Makna yang dimaksud adalah latar belakang pembuatan iklan yaitu untuk menghimbau masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan yang di dalamnya mengandung detail yang mengungkapkan makna yang lebih dalam yang dimaksudkan seperti cara penerapan yang dihimbaukan yang menimbulkan pranggapan serta menjabarkan efek dari iklan layanan masyarakat yang dibuat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Fitria Annisa Zahra |
Date Deposited: | 18 Jan 2021 07:09 |
Last Modified: | 18 Jan 2021 07:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15916 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |